Pengertian dan Fungsi Search Engine Serta Macam Macam Contoh Search Engine

Pengertian dan Fungsi Search Engine Serta Macam Macam Contoh Search Engine
Pengertian dan Fungsi Search Engine Serta Macam Macam Contoh Search Engine
Fungi Search Engine sebagai nama utamanya adalah untuk mencari informasi. Bagi Anda yang sudah sering melakukan surfing dan juga browsing dengan menggunakan jaringan internet, sudah pasti familiar dengan salah satu fitur yang ada di internet ini. Mesin pencari, secara harfiah mesin atau perangkat lunak yang digunakan untuk mencari data dan juga file-file tertentu di internet.

Mesin pencari sat ini sudah banyak digunakan di browser untuk berberen keperlan speerti pencarian informasi, berita, materi pelajaran, dan materi lain yang dibutuhkan oleh pengguna. Kebutuhan mesin pencari sangat tinggi maka ini menyebabkan mesin pencari adalah salah satu aplikasi internet yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.
Pengertian dan Fungsi Search Engine Serta Macam Macam Contoh Search Engine

Fungsi dari Search Engine


Pada dasarnya, mesin pencari sangat berguna bagi pengguna. Berikut adalah beberapa fungsi utama mesin telusur untuk pengguna atau pengguna:

1. Membantu Mencari Materi Kuliah dan Belajar

Mesin pencari sekarang banyak digunakan untuk membantu siswa, terutama siswa untuk membantu menemukan materi pelajaran dan materi pembelajaran. Saat ini jika Anda ingin menemukan materinya, pengguna hanya perlu mengetikkan kata kunci maka seluruh tautan situs web yang terkait dengan materi yang dicari dapat muncul. Sangat mudah dan praktis.

2. Mencari Tutorial

Mesin pencari juga dapat diaktifkan untuk membantu menemukan tutorial. Tutorial biasanya berupa video atau tulisan dan gambar tentang bagaimana melakukan sesuatu. Tutorial yang paling banyak dicari adalah tutorial yang berkaitan dengan instrumen musik serta desain perangkat lunak dan pemrograman komputer.

3. Mencari Informasi dan Berita

Informasi dan berita dapat ditemukan di mesin pencari. Ya, Anda cukup memasukkan kata kunci berita dan juga informasi yang ingin Anda cari, kemudian mesin pencari akan menampilkan portal berita yang memiliki informasi dan berita yang relevan dengan apa yang Anda cari.

4.Menambah Pengetahuan, Pemahaman, dan Sains

Tentu saja dengan fitur pencarian mesin pencari ini bisa berfungsi sebagai pegangan, karena pada dasarnya search engine dapat membantu menambah pengetahuan serta pemahaman dan pengetahuan pengguna yang mencari di mesin pencari. Serta dalam mempelajari berbagai ilmu di luar materi di sekolah, kampus dan tentu saja.

Seperti halnya manfaat mesin pencari yang dapat berguna sebagai pencarian informasi yang cukup besar, belajar banyak ilmu akan memberikan manfaat baik terutama bidang pengetahuan tertentu. Sebagai contoh manfaat mempelajari ilmu komputer yang akan sangat berguna di bidang teknologi, karena yang canggih seperti sekarang ini, penggunaan komputer semakin luas dan menjadi kebutuhan di berbagai tempat untuk menyimpan banyak data yang cukup praktis.

5. Mencari Software dan Aplikasi Komputer

Anda ingin mencari aplikasi dan juga perangkat lunak komputer? Maka mesin pencari adalah salah satu lokasi yang tepat. Karena dari Anda harus repot-repot menanyakan ke toko komputer, Anda harus menanyakan mesin pencari lebih praktis. Biasanya memiliki banyak tautan situs web yang berisi tentang program dan juga aplikasi komputer, lengkap dengan plus dan minus. Terutama perangkat lunak bebas yang banyak dicari, seperti contoh perangkat lunak bebas untuk mengedit video.

6. Mencari Tips dan Trik

Kiat dan trik juga fungsi lain dari mesin pencari. Mesin pencari biasanya juga akan membuat rekomendasi untuk pengguna mereka ke situs-situs tertentu yang relevan dengan perhatian pengguna.

7. Mencari Lokasi pada Maps

Lokasi di peta juga bisa mudah ditemukan, bahkan jika Anda tidak memiliki aplikasi peta. Anda hanya perlu memasukkan alamat, maka mesin pencari alias mesin pencari akan secara otomatis menampilkan peta dari alamat yang Anda cari.

8. Memperoleh Penghasilan

Saat ini penggunaan search engine telah berfungsi sebagai alat untuk uang. Ya, dengan beberapa teknik yang dikenal sebagai SEO (Search Engine Optimization), pemilik situs web dapat meraih melalui iklan, jika situs webnya peringkat pertama di mesin pencari.

Contoh Berbagai Search Engine

Mesin pencari sendiri di internet ada banyak macamnya, mulai dari search engine yang berdiri sendiri dan search engine yang menjadi fitur tambahan di situs web. Berikut beberapa contoh mesin telusur:

1.Google
Ini adalah salah satu mesin pencari paling populer dan juga banyak digunakan di seluruh dunia. Ketika berbicara tentang mesin pencari, maka google adalah topik utama. Saat ini, penggunaan dari Google telah mencapai lebih dari miliaran pencarian di seluruh dunia. Ini kemudian memunculkan arti bahwa Google tahu segalanya, dan dapat dengan mudah membantu penelusur dalam mencari tugas dan informasi lain.

2. Yahoo
Mesin pencari kedua yang dapat Anda kunjungi adalah Yahoo Search. Awalnya, pencarian yahoo hanya ditujukan untuk mencari bookmark di internet, jadi pencarian menggunakan Yahoo hanya menampilkan hasil dalam bentuk halaman yang sering dibookmark.

Namun, hingga kini penggunaan yahoo sama seperti google. Meskipun dalam hal penggunaan dan penghasilan pengguna masih kalah jauh bila dibandingkan dengan mesin pencari google.

3. Bing
Bing adalah mesin pencari lain yang saat ini banyak digunakan. Bing adalah keturunan dari MSN Search dan Live Search yang merupakan program di bawah induk Microsoft, salah satu raksasa teknologi hebat di dunia. Meski begitu, meski merupakan program yang dikembangkan oleh Microsoft, penggunaan Bing masih kalah dengan penggunaan Google sebagai mesin pencari.

4. ASK
Ask.Com adalah contoh lain dari mesin pencari. Ask adalah salah satu mesin pencari yang mulai bangkit lagi sejak diciptakan pada tahun 1996 oleh Gerrett Gruener dan juga David Warthen. Saat ini penggunaan search engine menggunakan permintaan telah banyak digunakan oleh pengguna internet di dunia.

Selain mesin pencari empat diatas  ada juga 

5. Altavista ( www.altavista.com )
6. Lycos ( www.lycos.com )
7. MSN ( www.msn.com )
8. DuckDuckGo ( www.duckdukgo.com )
9. Blekko ( www.blekko.com )
10. Alltheweb ( www.alltheweb.com )