Pengertian dan Fungsi Sound Card Beserta Cara Kerja Jenis Sound Card

Pengertian dan Fungsi Sound Card Beserta Cara Kerja Jenis Sound Card
Pengertian dan Fungsi Sound Card Beserta Cara Kerja Jenis Sound Card
Soundcard, sesuai namanya, adalah salah satu perangkat keras komputer yang sangat berperan penting dalam mendukung kebutuhan audio dan suara di komputer. Soundcard telah banyak digunakan sejak era komputer mulai berkembang, dimana kebutuhan komputer tidak hanya terbatas untuk mengetik dokumen, tetapi juga mulai masuk ke dunia multimedia, yang tentu saja membutuhkan perangkat pemrosesan suara yang mumpuni. .

Awalnya, komputer tidak menggunakan soundcard seperti sekarang ini. komputer bergantung pada perangkat onboard pada motherboard yang mampu menghasilkan bunyi bip. Karena mempertimbangkan fungsi motherboard serta dukungan semua bagian perangkat keras untuk menjadi komputer yang tepat.

Ini adalah ciri khas komputer generasi awal, di mana banyak programmer memanfaatkan bunyi "alami" di komputer ini untuk berbagai tujuan, seperti membesarkan peringatan kepada pengguna, ke efek suara tambahan pada permainan komputer.
Pengertian dan Fungsi Sound Card Beserta Cara Kerja Jenis Sound Card

Seiring berjalannya waktu, suara bip kemudian ditetapkan sebagai suara output untuk pemberitahuan tertentu. sebagai gantinya, perangkat internal, yang tidak terintegrasi dengan motherboard, dimaksudkan sebagai pusat pemrosesan audio dalam komputer, yang saat ini kami kenali sebagai kartu suara.

Soundcard sendiri umumnya berbentuk seperti kartu komputer pada umumnya, yang dicolokkan ke soket pada motherboard. Namun, seiring berjalannya waktu dan penemuan teknologi USB atau Universal Serial Bus, soundcard juga sedang dikembangkan ke dalam mobil suara eksternal, yang dengan mudah Anda hubungkan ke port USB atau soket komputer Anda.

Fungsi dari Soundcard

Tentu saja, hingga perkembangannya saat ini, soundcard mampu memberikan banyak fungsi dan kegunaan bagi pengguna. Apa fungsi dari sebuah soundcard di dalam komputer? Berikut ini adalah beberapa fungsi soundcard di komputer:

1. Mengkonversi sinyal digital dan sinyal analog ke dalam bentuk gelombang sonic

Fungsi pertama dari soundcard pada komputer adalah mengubah sinyal digital dan analog menjadi output suara yang merupakan gelombang sonik. Ini adalah fungsi paling dasar dan fungsi teknis dari sebuah soundcard.

Ini memungkinkan sinyal digital apa pun yang masuk, atau sedang diproses dengan prosesor dapat keluar dan terdeteksi di dalam komputer. Dengan begitu, kita akan dapat mendengarkan output suara yang dihasilkan oleh proses konversi.

2. Sebagai media pemrosesan audio komputer

Proses konversi yang disebutkan di atas adalah bagian dari fungsi soundcard sebagai media pemrosesan audio di dalam komputer. Jadi soundcard berfungsi sebagai perangkat keras yang mampu memproses semua bentuk audio dan suara di komputer. Tidak hanya melakukan konversi, tetapi juga berbagai proses yang melibatkan audio juga dapat dilakukan dengan soundcard.

Mirip dengan pemrosesan komputer yaitu CPU, fungsi CPU menjadi otak utama dalam komputer memiliki peran penting. Jadi, pada intinya, bagi Anda yang sedang melakukan pemrosesan audio, soundcard adalah salah satu hal yang paling penting dan Anda harus memperhatikan kualitas untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

3. Tingkatkan kualitas audio di dalam komputer

Bagi Anda yang mungkin ingin memiliki kualitas audio khusus, seperti HD surround dan berbagai kualitas suara tambahan yang mirip dengan yang digunakan di bioskop dan teater, maka soundcard harus dipertimbangkan. Dengan soundcard spesifik-tinggi, ini juga akan meningkatkan kualitas dan kualitas output audio yang ada di komputer.

Output audio standar yang digunakan pada komputer adalah output 2.0 atau 2.1 channel. Jika Anda menginginkan lebih banyak barang, maka Anda dapat menggunakan soundcard yang mendukung lebih dari 2,1 saluran output, seperti 4.1, 5.1, bahkan hingga 7.1 yang sangat pas untuk Anda penggemar home theater.

4. Menambahkan fitur audio terbaru ke komputer

Tidak hanya berurusan dengan pemrosesan suara dan keluaran suara, biasanya kartu suara juga menawarkan fitur-fitur yang sangat menarik untuk Anda gunakan di komputer Anda. biasanya fitur soundcard ini mendukung kualitas keluaran audio yang akan dihasilkan.

Fitur pada soundcard adalah fitur tru suara HD, penguat bass, suara 3D, suara Soround, dan berbagai fitur tambahan - fitur audio lainnya yang tentu saja akan sangat meningkatkan kualitas audio outpu yang akan Anda rasakan nantinya.

5. Mengatur volume dan equalizer pada komputer

Anda pasti telah melakukan ini berkali-kali. Ya, penyatuan volume suara dan juga penyatuan equalizer untuk audio, seperti musik dan film adalah hal dasar yang sering Anda lakukan dengan komputer Anda. ini adalah fitur standar yang ditemukan pada kartu suara konvensional, atau biasa digunakan secara luas di dunia.

Anda dapat dengan mudah mengatur tingkat suara suara pada output audio komputer Anda, dan Anda dapat melakukan beberapa pengaturan sederhana dengan sistem audio komputer Anda.

6. Lebih banyak variasi suara di komputer

Ini terkait erat dengan fitur yang dimiliki oleh kartu suara. Fitur yang disebutkan sebelumnya, seperti Sound HD, Bass Boost, dan sebagainya tentu saja akan memberi Anda banyak variasi suara di laptop atau komputer Anda.

Bayangkan jika Anda seorang audiophile, tetapi memiliki soundcard yang standar saja, pasti ini akan membuat Anda menjadi bosan, karena kualitas suara output yang begitu-begitu saja. Tetapi dengan soundcard yang lebih baik, maka ini akan memebrikan variasi tersendiri, yang selanjutnya akan meningkatkan kepuasan Anda dalam mendengarkan output audio komputer Anda.

7. Memanjakan user pengguna

Ini tentu saja terkait dengan beberapa poin sebelumnya. Dengan adanya soundcard, khususnya soundcard dengan spesifikasi yang sangat tinggi, ini akan sangat memanjakan pengguna, sehingga membantu pengguna menjadi lebih nyaman dan juga lebih senang dengan kondisi audio yang ia nikmati.

8.Mengkonversi audio pada piringan hitam dan kaset pita ke dalam bentuk digital

Apakah soundcard hanya berfungsi dan secara optimal menghasilkan output suara dan juga audio? Tentu saja tidak. Ada beberapa fungsi lain dari soundcard, yang lebih dari sekedar mendengarkan musik dan output audio saja. Salah satu hal yang dapat kita gunakan dari soundcard ini adalah mengkonversi dari piringan hitam dan pita kaset ke dalam file digital.

Soundcard sudah dibekali kemampuan untuk merekam, dan mengubah sinyal analog (kaset pita dan piringan hitam) ke dalam bentuk digital (file music, lagu dan juga file audio lainnya). Namun demikian, hal ini tentu saja tergantung dari kualitas soundcard yang dimiliki. Soundcard dengan spesifikasi yang baik, akan menghasilkan aoudio yang baik dan jernih pula

9. Memproses dan mengedit suara, video, dan musik

Fungsi lain dari soundcard di komputer adalah melakukan pemrosesan data dalam bentuk audio. Pengolahan data yang dimaksud di sini adalah proses yang melibatkan pengeditan file audio. Misalnya, jika Anda akan membuat film pendek, maka Anda pasti membutuhkan banyak proses penyuntingan audio.

Seperti pemotongan musik, pengaturan volume suara, penambahan efek suara, dan sebagainya. Dengan soundcad, maka fungsi ini akan berjalan dengan baik, dana akan membantu Anda dalam proses pengolahan data menggunakan fitur audio atau suara.

Khusus untuk pemula yang mencoba mempelajari video editing dapat menggunakan perangkat lunak bebas untuk mengedit video sebagai langkah awal. Tetapi sadar akan bahaya menggunakan perangkat lunak bajakan agar tidak merusak komputer dengan perangkat lunak yang merusak.

10. Merekam suara dari luar (berfungsi sebagai input)

Fungsi lain dari soundcard adalah sebagai media perekam atau input suara dari luar. Ya, ternyata fungsi ini juga sangat berkaitan dengan soundcard yang dimiliki oleh komputer.

Jadi dengan soundcard ini, kita dapat merekam suara dari luar, dengan menggunakan mikrofon. Semakin tinggi spesifikasi soundcard, semakin baik kualitas suara yang dihasilkan oleh soundcard di komputer kita.