Pengertian Mesin Pencari atau Search engine Beserta Contohnya

Pengertian Mesin Pencari atau Search engine Beserta Contohnya
Pengertian Mesin Pencari atau Search engine Beserta Contohnya
Apa yang dimaksud dengan mesin pencari atau search engine? Penggunaan teknologi internet saat ini sangat cepat berkembang. Ini bisa dilihat dari banyaknya penggunaan internet untuk keperluan sehari-hari. Salah satu penggunaan jaringan internet yang luas dan mendunia adalah penggunaan fitur mesin pencari di browser web.

Search engine

Ya, mesin pencari saat ini telah menjadi fitur standar dari setiap browser web baik di PC, laptop, atau smartphone. Mesin pencari juga dapat digunakan dengan mudah kapan saja. Ketika kita melakukan pencarian di mesin pencari, kita akan mendapatkan hasil yang bervariasi, mulai dari tautan, bentuk file seperti PDF dan Word, atau format lainnya. Mesin pencari bekerja dengan menyortir keakuratan informasi antara kata kunci yang dimasukkan dengan konten halaman web.
Pengertian Mesin Pencari atau Search engine Beserta Contohnya


Pengertian search engine

Sebenarnya, pengertian search engine tidak terlalu banyak disentuh oleh para ahli, karena definisi search engine sebenarnya cukup sederhana dan mudah dimengerti. . Ketika diterjemahkan secara harfiah, mesin pencari atau mesin pencari adalah perangkat lunak atau program komputer yang digunakan untuk mencari data dan juga file yang disimpan di server dan juga basis data dari www, blog, ftp, publikasi, milis, dan juga portal.

Selain itu, mesin pencari juga dapat diartikan sebagai program yang digunakan sebagai alat dalam mencari informasi dalam suatu jaringan internet. Lebih lanjut dikatakan bahwa mesin pencari memiliki basis data elektronik yang berisi miliaran situs di dunia untuk membantu menampilkan hasil pencarian secara maksimal.

Cara kerja search engine

Pada dasarnya, cara kerja mesin pencari adalah seperti penggunaan pustaka elektronik, di mana ketika kita memasukkan nama buku, semua data dalam database muncul di formulir hasil pencarian. Nah, begitu juga dengan search engine. Bedanya, mesin pencari terhubung ke berbagai server dan database di seluruh dunia, untuk dapat memberikan banyak pilihan hasil yang direkomendasikan.

Ada dua kriteria pemberian hasil pencarian yang dilakukan oleh sebuah search engine, yaitu :


  • Relevansi antara keyword dengan isi dari sebuah halaman web, dan
  • Banyaknya pengunjung dari sebuah website.

Berdasarkan kriteria tersebut, maka search engine mampu untuk menampilkan halaman apa saja yang sesuai degnan topic yang dicari. Berikut ini adalah cara kerja dari search engine secara singkat :


  1. User memasukkan keyword atau pencarian pada search engine –
  2. Search engine akan melakukan perhitungan mengenai keyword yang diinginkan –
  3. search engine akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan keyword, dari berbagai macam web yang tersedia
  4. user tinggal memilih web mana yang akan dikunjungi.

Contoh dari Searh Engine


Saat ini, penggunaan dari sebuah search engine memang sudah sangat umum digunakan secara luas. Hal ini pun kemudian didukung dengan berkembangnya beberapa search engine yang banyak digunakan. Berikut ini adalah beberapa contoh dari search engine yang banyak digunakan oleh user di seluuh dunia:

1. Google

GoogleSiapa yang tidak kenal dengan search engine yang satu ini? Ya, Google merupakan salah satu search engine terbesar yang paling banyak digunakan oleh user di seluruh dunia. Apabila membicarakan mengenai search engine, maka google adalah topic utamanya.

Saat ini, penggunaan dari Google sudah mencapai lebih dari bemiliar kali pencarian di seluruh dunia. Hal ini kemudian menimbulkan makna bahwa Google tahu segalanya, dan dapat dengan mudah membantu anda dalam mencari tugas.

2. Yahoo

Yahoo SearchSearch engine kedua yang bisa anda kunjungi adalah Yahoo Search. Pada awalnya, yahoo search diperuntukan hanya untuk mencari bookmark yang ada di dalam internet, sehingga pencarian menggunakan Yahoo hanya menampilkan hasil berupa halaman yang sering dibookmark.

Namun demikian, hingga saat ini, penggunaan yahoo sama seperti google, meskipun dari segi penggunaan user dan juga penghasilan masih kalah jauh apabila dibandingkan dengan google.

3. Bing

BingBing merupakan search engine lainnya yang saat ini mulai banyak digunakan. Bing merupakan keturunan dari MSN Search dan juga Live Search, yang merupakan program yang bernaung di bawah induk Microsoft, salah satu raksasa teknologi besar di dunia.

Namun demikian, meskipun merupakan program yang dikembangkan oleh Microsoft, penggunaan Bing masih kalah juga dengan penggunaan Google sebagai search 

4. Ask

askAsk.Com merupakan contoh search engine lainnya. Ask merupakan salah satu search engine yang mulai bangkit lagi sejak diciptakan pada tahun 1996 oleh Gerret Gruener dan juga David Warthen. Saat ini penggunaan search engine dengan menggunakan ask sudah mulai banyak digunakan oleh user internet di dunia.

Keempat contoh mesin pencari di atas adalah beberapa contoh mesin pencari populer saat ini. Sebelum kejayaan google dan juga yahoo, telah beberapa mesin pencari lain yang sukses dan banyak digunakan pada tahun 1997, seperti Altavista, HotBot, Exite, InfoSeek dan Lycos.