Pengertian Serta 12 Kelebihan dan Kekurangan adobe After Effect Terbaru

Pengertian Serta 12 Kelebihan dan Kekurangan adobe After Effect Terbaru
Pengertian Serta 12 Kelebihan dan Kekurangan adobe After Effect Terbaru
Aplikasi Adobe After Effects adalah aplikasi pengeditan video yang dibuat oleh Adobe yang berfungsi untuk pemrosesan gambar digital grafik gerak. Tidak seperti aplikasi Adobe Premiere Pro, Adobe After Effects ditujukan untuk pengeditan video tingkat lanjut, yang membutuhkan lebih banyak fitur dan kemampuan, perangkat lunak Adobe After Effect untuk mengedit dan membuat efek video. Adobe setelah efek sebelumnya adalah aplikasi yang dibuat oleh Macromedia yang kemudian diakuisisi oleh Adobe sebagai bagian dari aplikasinya untuk dikembangkan lagi sehingga namanya menjadi Adobe After Effects.

Adobe setelah efek adalah aplikasi yang cukup kuat, dengan banyak efek yang tersedia dan siap digunakan. Kemampuan adobe setelah efek mampu mengubah animasi melalui objek. Selain itu, setelah efek didukung oleh scripting dan ekspresi dukungannya untuk menghasilkan animasi yang lebih dinamis.
Pengertian Serta 12 Kelebihan dan Kekurangan adobe After Effect Terbaru

Fitur After Effects adobe meliputi: Pembuatan formulir, Keyframe (untuk melakukan animasi), Action Script (untuk dukungan scripting untuk mengaktifkan animasi yang lebih dinamis dan menarik), dan banyak lagi.

Kelebihan Adobe After Effect

1. Dukungan efek yang melimpah

Ini adalah kunci penting dari adobe setelah aplikasi efek yang merupakan jumlah dukungan efek untuk pembuatan grafik gerak. Ada puluhan efek siap pakai yang diproses dan diterapkan ke video atau grafik yang akan kita buat di ruang kerja.

2. Dukungan native untuk arsitektur CPU 64-bit

Ini berarti bahwa membuat adobe setelah aplikasi efek digunakan pada basis prosesor 64-bit yang tentu saja membuat aplikasi ini lebih cepat, responsif, dan mendukung RAM dengan kapasitas yang lebih besar.

3. Dukungan Keyframe dan Scripting

Keyframe adalah fitur utama dari animasi dan video sedangkan scripting adalah fitur yang memungkinkan gerakan dinamis dari pemicu animasi dan event-driven yang ada pada saat animasi atau video dijalankan pada saat runtime. Ini tentunya menjadi kelebihan adobe setelah effecs jadi kita tidak bisa hanya membuat video dengan efek grafik gerak yang bagus tetapi juga dinamis karena didukung oleh keberadaan scripting. Tentu saja ini mengharuskan kita untuk memiliki pemahaman dasar pemrograman dan algoritma.

4. Mampu melakukan konversi file vektor ke shape

Ini juga merupakan keuntungan setelah efek yang mampu membuat file bentuk vektor dengan mengimpor file yang akan dimuat ke dalam workshape. Untuk vektor yang akan diketahui adalah jenis grafik yang menggunakan titik koordinat sebagai unit terkecil yang membentuk garis bantu gambar.

5. Populer sebagai aplikasi editing video untuk kalangan professional

Adobe After effects adalah aplikasi berskala besar yang telah banyak digunakan oleh para profesional. Mulai dari kebutuhan untuk membuat animasi, mengedit film, penambahan efek grafis gerak sederhana ke kompleks, dan pelatihan media melalui alat-alat Visual Audio dapat dijalankan dengan adobe setelah efek. Ini membuktikan kredibilitas adobe setelah efek sebagai aplikasi pengeditan video yang menjanjikan dalam industri perangkat lunak besar saat ini.

6. Mempertahankan detail gambar  agar halus saat kompresi

Kelebihan lain dari adobe after effects adalah kemampuannya untuk menjaga kualitas grafis tetap rapi dan halus saat dikompres, sehingga untuk rasio kompresi dan kualitasnya seimbang. Ini tidak mudah mengingat fitur kompresi pada umumnya akan mengurangi detail grafis tekstur sehingga menjadi tidak mulus lagi.

Kekurangan Adobe After Effects

1. butuh waktu lebih lama untuk belajar

Karena kerumitan fitur dan efek yang tersedia, membuat pengguna setelah aplikasi efek membutuhkan waktu lebih lama untuk belajar. Dukungan scripting plus membuat kita perlu lebih banyak waktu untuk mempelajari berbagai konsep pemrograman skrip di ini setelah efek, jika akan menggunakan skrip.

2. Dibutuhkan PC berspesifikasi tinggi

Untuk aplikasi di kelas ini, setelah efek cukup banyak sumber daya CPU dan RAM, oleh karena itu disarankan untuk memastikan dan mengupdrade spesifikasi PC kita untuk lebih tinggi karena selain itu akan menyulitkan program pengoperasional dan tentu saja crash dan freeze bisa terjadi.

3. Dibutuhkan ketelitian dalam pengoperasian Software

Penggunaan aplikasi penyuntingan video seperti adobe setelah kelas efek yang dapat dianggap cukup kompleks, menuntut Kami sebagai pengguna untuk memiliki akurasi yang lebih dalam operasi. Berbagai penyuntingan teknis, pemilihan, keyframing, dan lainnya memerlukan keterampilan teknis dalam operasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4.  Adobe after effects bukan program animasi 3D

Perlu dipahami bahwa adobe after effects app bukanlah aplikasi animasi berbasis 3D sehingga berbagai fungsi animasi 3D dimensi tidak akan ditemukan dalam aplikasi editing video ini. Ini adalah kelemahan di mana aplikasi berbasis Open Source seperti Blender telah menerapkan 3D dimensi, meskipun fitur dan kinerjanya belum mampu mengungguli adobe setelah aplikasi efek secara keseluruhan.

5. Fungsi rendering teks yang kurang optimal

Satu kekurangan lain dari Adobe setelah efek adalah fungsi penanganan teks dan pemformatan yang kurang optimal. Ini karena Adobe setelah efek tidak memiliki basis atau menerapkan fungsi rendering teks serta aplikasi pengolah kata. Namun belakangan ini sejak versi terakhir dan pembaruan versi sindikasi untuk aplikasi membuat adobe setelah aplikasi efek dapat menangani perenderan teks dengan lebih baik.

6. Tidak support Linux

Adapun ini adalah opsional yang dapat dipertimbangkan mengingat penggunaan Linux juga banyak. Rupanya adobe tidak menyediakan versi porting dari aplikasi efek setelah untuk pengguna sistem operasi Linux

Demikian ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Adobe After Effects. Semoga bisa memberikan pengetahuan dan wawasan tambahan terkait aplikasi edit video dan gerakan gim ini. Adobe After Effects adalah aplikasi pengeditan video yang banyak digunakan oleh Profesional, karena kaya fitur dan efek. Namun, penggunaan aplikasi ini membutuhkan lebih banyak pembelajaran, oleh karena itu bagi pemula disarankan sering mempelajari tutorial di Internet tentang pengoperaian yang memfasilitasi pemahaman dan mempercepat penguasaan aplikasi editing video buatan adobe ini.