Pengertian Software Basis Data – Fungsi Kegunaan dan Penerapan

Pengertian Software Basis Data – Fungsi Kegunaan dan Penerapan
Pengertian Software Basis Data – Fungsi Kegunaan dan Penerapan
Pusing tujuh keliling ketika kita pergi ke perpustakaan umum atau sekolah untuk melihat buku yang tersebar tidak di tempat dan kategori. Waktu kita akan habis hanya untuk mencari satu buku antara tumpukan dan tumpukan buku-buku lain. Semoga ini tidak terjadi di perpustakaan kami. Metode menyimpan buku dan menempatkan buku di perpustakaan adalah rapi dan sistematis mungkin, di mana pekerjaan pembukuan tidak sembarangan, tidak dalam kategori buku.

Misalnya, buku ilmu sosial ditempatkan di rak buku ilmu teknik, akan membingungkan pustakawan dan peminjam buku. Manajemen toko buku dan out-of-book traffic biasanya setiap perpustakaan sudah memiliki standar "prosedur operasi standar". Hilang pada satu proses biasanya akan mengacaukan proses berikut, seperti contoh di atas.
Pengertian Software Basis Data – Fungsi Kegunaan dan Penerapan

Sejalan dengan kemajuan zaman, masalah klasik kelalaian manusia dapat diselesaikan dengan benar dan efisien. Programmer komputer telah membuat perangkat lunak yang dapat membantu kami menemukan informasi yang disimpan di server database lebih cepat. Misalkan server adalah perpustakaan, jika seseorang menyimpan buku, sementara yang lain menyimpan informasi digital.

Apa Itu Software Basis Data ?

Sebelum melanjutkan menulis, kita adalah persepsi yang sama, apa itu basis data atau basis data? Contoh basis data harian seperti, buku telepon, buku kamus, buku alamat, perpustakaan, dll. Dapat dikatakan bahwa basis data adalah kumpulan data yang terhubung dalam suatu objek (buku telepon, kamus, dll.), Topik (katalog) ), atau tujuan khusus tertentu.


  • Basis Data

Memahami database pada dasarnya terdiri dari dua kata, yaitu "basis" dan "data", basis dapat diartikan sebagai basis, pasar, tempat atau gudang, sedangkan "data" atau nilai / nilai sebenarnya yang mewakili deskripsi suatu objek atau acara, dalam jumlah besar, kumpulan data ini disebut "informasi". Misalkan profil seseorang adalah informasi orang tersebut, di mana profil tersebut berisi tanggal lahir, alamat tempat tinggal, pekerjaan, dll. Gabungan data menjadi informasi tentang orang yang bersangkutan.

Keberadaan basis data dalam jumlah besar dapat ditemukan di basis data siswa, SIM, data demografi, di mana jumlah database di server yang mencapai ratusan juta informasi. Tentunya akan sulit untuk menemukan profil di antara ratusan ratusan database tanpa bantuan aplikasi yang dapat memindai data dengan cepat dan akurat.


  • DBMS

Perangkat Lunak Basis Data atau Sistem Manajemen Basis Data (DBMS) memungkinkan pengguna untuk mencari informasi dalam hitungan detik, bahkan lebih sedikit tergantung pada perangkat keras, sementara di perpustakaan mencari buku membutuhkan waktu beberapa menit.

Saat ini, database komputer banyak digunakan di berbagai sektor dan pekerjaan, aplikasi ini menjadi tulang punggung perusahaan atau lembaga dalam pemrosesan informasi dan manajemen. Secara umum fungsi dari perangkat lunak database adalah sebagai berikut:


  1. Merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah sistim informasi, merupakan dasar dalam menyediakan informasi dari sebuah data base
  2. Menentukan kualitas informasi dengan tepat waktu dan relevan serta akurat.
  3. Mengurangi data ganda/dobel (data redudancy).
  4. Mengaplikasikan basis data, hubungan antar data dapat lebih meningkat dengan baik.
  5. Mengurangi pemborosan tempat untuk penyimpanan data di luar.

Kegunaan Software Basis Data


  • Integrasi ,data tersimpan dalam satu tempat dan satu kali dalam sebuah data base, misal data nasabah tercatat satu kali di server pusat, di cabang manapun anda bertransaksi data server pusat akan mengirim data anda ke cabang.
  • Integritas Data Meningkat, kesatuan data lebih akurat, konsisten dan terbaru, kini ada software bawaan yang membantu pengecekan akurasi data yang disebut “garbage in, garbage out” (disingkat GIGO).
  • Keamanan Data Meningkat, meskipun data base diakses dari berbagai komputer, keamanan data tetap terlindung, computer klien tidak dapat merubah atau menghapus data tanpa persetejuan admin pusat.
  • Kemudahan Memelihara Data, perangkat lunak basis data dirancang dengan prosedur standar , menambahkan, mengedit, dan menghapus rekaman data. Selain itu  juga untuk memvalidasi pemeriksaan untuk memastikan bahwa data yang tepat.
Penerapan Software Basis Data


Dalam aplikasinya, perangkat lunak basis data atau sering disebut Database Management System (DBMS) atau sistem pengorganisasian data pada komputer, suatu perangkat lunak untuk membangun basis data berbasis komputer. Aplikasi / perangkat lunak digunakan untuk memasukkan, memodifikasi, menghapus, memanipulasi, dan memperoleh data secara praktis dan efisien.

Untuk dapat mengakses DBMS, pengguna harus menggunakan bahasa basis data. Instruksi atau instruksi tersebut umumnya ditentukan oleh pengguna, namun bahasa yang digunakan dibagi menjadi 2 (dua) macam diantaranya sebagai berikut:

  1. DDL (Data Definition Language) yaitu dipakai untuk menggambarkan desain dari basis data secara menyeluruh, dan dapat dipakai untuk membuat tabel baru, memuat indeks, maupun mengubah tabel. Hasil dari kompilasi DDL akan disimpan di kamus data.
  2. DML (Data Manipulation Language) dipakai untuk memanipulasi daan pengambilan data pada suatu basis data, misalnya seperti penambahan data yang baru ke dalam suatu basis data, menghapus data pada seuatu basis data dan mengubah data pada suatu basis data.
Lalu bagaimana fungsi aplikasi ini? Yang pasti, DBMS menghubungkan antara pengguna / admin dengan database yang berada di server fisik atau cloud, bentuk DBMS ini adalah database dalam kehidupan sehari-hari adalah MySQL Oracle dan Microsoft SQL Server.

Komponen DBMS termasuk file manager, manajer basis data, Query Processor, DML Precompiler, DDL Compiler, komponen-komponen ini dihubungkan bersama dalam pemrosesan data sehingga menjadi informasi lengkap untuk pengambilan keputusan.

Bisnis modern tidak dapat dipisahkan dari aplikasi DBMS, seperti bisnis berbasis aplikasi seperti transportasi berbasis online, toko online, reservasi tiket online, reservasi hotel online, sistem transaksi perbankan sangat bergantung pada perangkat lunak DBMS.

Software memiliki banyak manfaat, yaitu keakuratan data, kecepatan akses, keamanan data, efisiensi ruang penyimpanan data, dan ketersediaan ketersediaan data yang terjamin. Pentingnya aplikasi ini adalah aplikasinya dalam mendukung keberlangsungan bisnis dan operasional lembaga pemerintah dan swasta, DBMS akan menghasilkan informasi yang benar selama input data dimasukkan dengan benar.