Pengertian Software Menurut Para Ahli, Jenis-Jenis Software Dan Klasifikasi Software

Apakah Anda sering menggunakan komputer? Jadi pastinya Anda sering mendengar istilah perangkat lunak bukan? Sebenarnya kita sudah familiar dengan nama perangkat lunak yang tidak hanya digunakan pada komputer PC atau smartphone saja. Semua jenis komputer harus memerlukan perangkat lunak.

Komputer pada mesin industri, komputer pada kendaraan bermotor, komputer pada robot, semua membutuhkan perangkat lunak. Oleh karena itu, perangkat lunak jelas merupakan salah satu istilah yang paling sering terdengar, terutama di era teknologi saat ini, di mana hampir semua aktivitas manusia dibantu dengan kebutuhan komputer termasuk penggunaan Internet. Tidak hanya di komputer, kini penggunaan Internet dapat dilakukan di telepon.

Apa itu software?

Mungkin banyak dari Anda yang tidak tahu persis tentang arti dari perangkat lunak itu sendiri. Perangkat lunak itu sendiri jika kita terjemahkan langsung ke bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai perangkat lunak. Perangkat lunak berarti perangkat yang tidak berbentuk fisik, tetapi dapat dioperasikan oleh pengguna atau penggunanya.
Pengertian Software Menurut Para Ahli, Jenis-Jenis Software Dan Klasifikasi Software

Perangkat lunak adalah bagian dari tiga elemen dan komponen penting dalam pengoperasian komputer, yaitu perangkat keras atau perangkat keras, brainware atau pengguna, dan juga perangkat lunak itu sendiri. Ketiga komponen atau komponen komputer ini sangat penting sehingga tanpa salah satu dari mereka, komputer, mesin atau robot tidak akan berguna bagi siapa pun.

Untuk lebih memahami arti dari perangkat lunak, berikut adalah beberapa wawasan dari perangkat lunak menurut beberapa ahli dan mereka yang merupakan praktisi dan peneliti di bidang teknik komputer:

Roger . S. (2002)
Roger (2002) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan software atau perangkat lunak adalah suatu perintah program dalam sebuah komputer, yang apabila dieksekusi oleh usernya dapat memberikan fungsi dan juga unjuk kerja yang diinginkan oleh usernya. Pernyataan ini menggambarkan bahwa software atau perangkat lunak ini berfungsi untuk memrintah komputer, agar komputer tersebut dapat berfungsi secara optimal, sesuai dengan keinginan user atau brainware yang memberikan perintah kepadanya.

Melwin (2007)
Ahli lainnya, yaitu Melwin (2007) mengatakan bahwa perangkat lunak atau software itu sendiri merupakan sebuah perangkat yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan semua instruksi yang mengarah kepada sebuah sistem komputer. Lebih lanjut disebutkan pula bahwa sebuah perangkat lunak merupakan sebuah perangkat yang menjembatani interaksi user dengan komputer yang menggunakan bahasa mesin.

Jadi, apabila kita hubungkan dengan elemen atau komponen komputer yang seudah dibahas, kedudukan software adalah berada di tengah – tengah, diantara hardware dan juga brainware, yang bertugas untuk membantu usernya (sebagai brainware) dalam melakukan interaksi degnan komputer (hardware).

Wilman & Riyan
Tokoh lainnya yang mendefinisikan mengenai pengertian dari software atau perangkat lunak adalah Wilman & Riyan. Wilman & Riyan mengatakan bahwa yang dimaksud dengan software atau perangkat lunak merupakan sebuah perangkat operasi kerja untuk menjalankan sebuah komponen pada hardware.

Lebih lanjut, disebutkan pula oleh Wilman dan juga Riyan, bahwa software memiliki sifat maya, yang dapat diartikan bahwa software tidak dapat terlihat secara fisik, namun demikian, fungsi dan juga keberadaan dari software ini dapat dirasakan dan sangat bermanfaat terutama bagi usernya.

Wahana Komputer
Wahana komputer merupakan sebuah kelompok yang memiliki passion pada bidang komputer, dan sering menerbitkan artikel – artikel mengenai komputer, mengatakan bahwa yang dimaksud dengan software merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan control dan juga manajemen hardware.

Jadi, dengan menggunakan software ini, user dapat melakukan proses manajemen hardware, dan juga mengoperasikan hardware yang tersedia.

1. ITL Education Solutions Limited
Menurut organisasi ini, software atau perangkat lunak merupakan sebuah istilah umum untuk menunjukkan sebuah koleksi data komputer dan instruksi yang terorganisir. Dalam hal ini, software atau perangkat lunak ini bertugas untuk bertanggung jawab dalam mengendalikan, mengintegrasikan, dan juga mengelola komponen hardware dari sebuah sistem komputer yang ada, lalu kemudian menyelesaikan tugas tertentu di dalam komputer tersebut.

2. Juntak Teamwork
Organisasi lainya, Juntak Teamwork juga mendefinisikan mengani pengertian dari software. Menurut organisasi ini, yang dimaksud dengan software atau perangkat lunak adalah sebuah konstruksi atau bangunan dari sebuah program yang disusun sedemikian rupa, serta diatur untuk sebuah sstem kerja yang dijalankannya.

3.Wiwit Siswoutomo
Siswoutomo berpendapat bahwa yagn dimaksud dengan software adalah sebuah nyawa dari komputer atau hardware. Tanpa adanya software atau perangkat lunak ini, maka komputer hanyalah sebuah perangkat keras atau hardware yang mati dan sama sekali tidak berguna untuk apapun dan siapapun.

4.Fauziah
Fauziah juga menambahkan mengenai pengertian dari sebuah software. Menurutnya, software merupakan sebuah program yang digunakan untuk memasukkan data, mengecek data, menyimpan data, memperoleh hasil data, melakukan presentasi data, dan juga melakukan proses manipulasi pada data, yang dilakukan pada sebuah perangkat hardware.

Dari delapan pemahaman ahli dan juga tokoh dan praktisi tentang perangkat lunak atau perangkat lunak di atas, dapat disimpulkan bahwa makna perangkat lunak atau perangkat lunak adalah sistem program yang telah disusun dan juga diatur sedemikian rupa, dimaksudkan untuk memberikan perintah kepada komputer atau perangkat keras untuk menyelesaikan tugas, pekerjaan, dan juga tuntutan tertentu, yang membantu menghubungkan atau menjembatani pengguna sebagai brainware dengan komputer sebagai perangkat keras.

Perangkat lunak juga berfungsi sebagai pelengkap dari tiga komponen atau elemen penting dalam sistem komputer. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran perangkat lunak atau perangkat lunak sangat penting, dan benar - beanr diperlukan. Hal ini terutama karena perangkat lunak dapat membangun orang sebagai pengguna dan otak dalam memberikan perintah ke komputer menggunakan bahasa mesin.

Secara teknis, tidak semua pengguna atau brainwares memiliki kemampuan yang baik untuk mendefinisikan bahasa mesin. Oleh karena itu, dengan perangkat lunak, perangkat ini akan sangat baik dan sangat membantu untuk kebutuhan setiap pengguna dalam melakukan sesuatu, dan menyelesaikan tugas-tugas tertentu menggunakan komputer.

Jenis – Jenis Software

Nah, begitu kita tahu arti dan juga definisi perangkat lunak, maka sekarang kita akan membahas tentang jenis-jenis perangkat lunak. Ya, meskipun perangkat lunak secara definitif memiliki satu fungsi penting, yaitu untuk menjembatani perangkat keras dan juga pengguna sebagai brainware, namun ternyata perangkat lunak itu sendiri memiliki banyak macam, jenis dan juga klasifikasi dibagi menjadi beberapa jenis.

Apa saja jenis dan klasifikasi perangkat lunak? Menurut Melwin (2007: 22) secara umum perangkat lunak ini dapat diklasifikasikan menjadi 2, yaitu:

1. Perangkat lunak sistem operasi

Sesuai namanya, perangkat lunak sistem operasi adalah perangkat lunak atau perangkat lunak yang berfungsi untuk mengkonfigurasi dan juga mengoperasikan komputer, menggunakan perintah tertentu, sehingga komputer dapat berjalan dan juga berfungsi secara optimal oleh pengguna. Perangkat lunak sistem operasi ini atau yang juga sering kita kenal dengan OS alias nama sistem operasi.

Tentu saja, kita sebagai pengguna yang sering menggunakan komputer, sangat akrab dengan sistem operasi seperti ini. ada begitu banyak sistem operasi atau perangkat lunak sistem operasi yang kita gunakan sehari-hari, dari yang digunakan pada perangkat keras PC atau komputer desktop dan laptop, ke smartphone yang kita gunakan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa jenis perangkat lunak sistem operasi yang banyak dari kita ketahui dan juga gunakan:

  • MS - DOS
  • Microsoft Windows
  • Windows Mobile
  • Linux
  • iOS
  • Mac OS
  • UNIX
  • Novell
  • SUN OS
  • Symbian
  • Android
  • Dan banyak sistem operasi lainnya


2. Perangkat lunak aplikasi

Perangkat lunak atau klasifikasi perangkat lunak berikutnya adalah perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak aplikasi adalah program siap pakai yang digunakan untuk aplikasi di bidang-bidang tertentu. Perangkat lunak aplikasi yang membantu pengguna untuk bekerja lebih efektif dan efisien.

Kita dapat menggunakan perangkat lunak aplikasi ini untuk membantu menyederhanakan pekerjaan kita, dan tentu saja kita bisa menjadi mudah, mulai dari aplikasi perangkat lunak freeware, atau berlisensi dan berbayar.

Aplikasi perangkat lunak lainnya

Selain software atau perangkat lunak aplikasi yang sudah disebutkan diatas, masih ada beberapa macam aplikasi lainnya yang bukan merupakan bagian dari aplikasi yang sudah disebutkan diatas. Beberapa aplikasi lainnya adalah :

  • Aplikasi multimedia player, merupakan aplikasi yang digunakan untuk menjalankan berbagai macam file – file multimedia, seperti music, film, video, dan sebagainya di dalam komputer. Beberapa contoh multimedia player yang kita kenal adalah Windows Media Player, Winamp, Jet Audio, Power DVD, dan sebagainya.
  • Hacker tools, merupakan sebuah perangkat lunak atau software aplikasi yang bertugas untuk melakukan peetasan atau pembukaan secara paksa terhadap sebuah kode enkripsi tertentu, seperti password. Kebanyakan hacker tools ini digunakan utnuk melakukan pembajakan terhadap aplikasi berbayar / licensed dan juga untuk mencuri data yang tersimpan di dalam harddisk dan juga cloud service.
  • Network and Security Application, adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan manajemen dan juga melakukan akses terhadap jaringan dan juga keamanan jarignan pada sebuah komputer. Contoh dari network and security application ini adalah Firewall dan intenet Safe Search.
  • Games, merupakan aplikasi perangkat lunak yang sangat populer. Saking populernya, saat ini sudah banyak sekali komunitas – komunitas game tertentu, dan juga bermunculan berbagai macam game denan kualitas grafis yang luar biasa mengagumkan, yang membuat para gamers menjadi sangat betah untuk berlama – lama bermain game.

Pembagian atau klasifikasi software berdasarkan pendistribusiannya

Ternyata, selain diklasifikasikan berdasarkan fungsi, yang kita bahas dalam pembahasan sebelumnya, perangkat lunak atau perangkat lunak juga dapat diklasifikasikan berdasarkan proses distribusi. Proses distribusi berarti bagaimana perangkat lunak atau perangkat lunak dilempar ke pasar, dan dapat digunakan oleh pengguna.

Berikut ini adalah beberapa klasifikasi siftware atau perangkat lunak berdasarkan distribusinya:

1.Software berbayar atau licensed

Pertama, perangkat lunak atau perangkat lunak didistribusikan oleh pengembang secara berbayar atau dengan menggunakan lisensi / lisensi. Pengguna yang akan menggunakan perangkat lunak harus membeli perangkat lunak, dengan cara-cara tertentu. Sebagian besar, metode yang digunakan adalah pengguna harus membeli kode lisensi dari program atau perangkat lunak, dan kemudian mendaftar secara online.

Atau cara lain yang dapat digunakan pengembang adalah langsung menjual Perangkat Lunak CD atau DVD yang dikembangkan dengan menambahkan kode lisensi aktivasi dalam paket penjualan CD atau DVD.

Sayangnya, terkadang pengembang menjual produk mereka dengan harga yang cukup tinggi dan beberapa cenderung tidak alami, sehingga membayar perangkat lunak sering menjadi 'sasaran empuk' bagi peretas untuk membuat versi bajakan dari perangkat lunak, yang tentu saja dapat diperoleh secara gratis, tetapi ilegal .

2. Freeware atau software gratis

Berbeda dengan perangkat lunak berbayar, freeware adalah perangkat lunak yang didistribusikan secara gratis. Biasanya, perangkat lunak freeware manifold ini dapat diunduh secara gratis dan gratis di situs web resmi dari penyedia perangkat lunak. Bahkan jika memerlukan kode aktivasi, kami biasanya hanya mengirim email kami, dan kode aktivasi akan masuk ke email kami tanpa harus membayar sepeser pun.

Namun, terkadang fitur-fitur freeware ini biasanya tidak selengkap dan serumit fitur yang tersedia dalam perangkat lunak berbayar, meskipun dalam klasifikasi atau jenis perangkat lunak yang sama.

3. ShareWare

Shareware pada dasarnya dapat dikatakan adalah kombinasi dari perangkat lunak brbayar dengan freeware. Mengapa? Karena shareware biasanya memungkinkan pengguna untuk mengunduh atau memiliki perangkat lunak secara gratis, dan dapat didistribusikan secara bebas, seperti freeware, tetapi dalam batas waktu tertentu.

Biasanya batas waktu yang ditentukan adalah 30 hari. Setelah 30 hari, maka perangkat lunak akan dibakar, dan jika Anda ingin memiliki perangkat lunak, Anda harus membeli lisensi ke perangkat lunak. Saat ini, banyak perangkat lunak penting yang menggunakan metode shareware ini dalam proses distribusi.

4. Open Source

Opensource sebenarnya mirip dengan freeware, tetapi tidak sepenuhnya gratis. Beberapa opensource juga membutuhkan lisensi. Namun, apa yang membedakan distribusi open source dibandingkan dengan perangkat lunak lain adalah dalam hal fleksibilitas perangkat lunak.

Seluruh perangkat lunak yang didistribusikan opensource gratis, sehingga siapa pun dapat memodifikasi kode sumber yang digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak. Salah satu perangkat lunak opensourcce yang terkenal adalah Linux, yang merupakan sistem operasi terbuka yang dikembangkan secara luas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel