Penjelasan Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

Penjelasan Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook
Penjelasan Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook
Penjelasan Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook. Saat ini penggunaan komputer portabel seperti netbook, notebook dan laptop juga banyak digunakan. Ini karena ketiga perangkat ini sangat praktis digunakan dan dapat dibawa dengan mudah. Notebook dan laptop juga memiliki spesifikasi yang cukup bagus, sehingga menjadi favorit bagi banyak orang untuk digunakan.

Pergeseran Makna Laptop dan Notebook

Jika kita melihat sejarah, apa yang kita sebut laptop sebenarnya adalah bentuk komputer protable dengan beban berat dan juga layar besar. Berikut beberapa makna pergeseran dari notebook, laptop, dan netbook.
Penjelasan Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

  • Laptop = 17 Inch ke atas

Banyak yang mengatakan bahwa istilah laptop saat ini suadh tidak digunakan, karena laptop mengacu pada komputasi atau lipat dengan ukuran layar di atas 17 inci. Sangat besar untuk ukuran komputer hari ini, jadi ada banyak makna pergeseran.

  • Laptop Modern = 13-17 Inch

Saat ini sudah beredar komputer lipat modern dengan ukuran 13 hingga 17 inci. Komputer ini sebenarnya dikenal dengan nama notebook, yang mengacu pada notebook kecil yang mudah dibawa. Bentuknya lebih kecil pada laptop generasi awal.

Hingga saat ini, penamaan notebook dan laptop masih tumpang tindih. Beberapa produsen menyebutkan laptop 13-17 inci mereka sebagai notebook, dan beberapa menyebutnya laptop.

  • Notebook dan Netbook Di Bawah 13 Inch

Pergeseran makna juga terjadi di notebook. Setelah banyak bermunculan komputer jinjing dengan ukuran layar 10 hingga 13 inci, istilah dualisme ini muncul lagi, yaitu notebook dan netbook. Ini cukup membingungkan konsumen, karena sama seperti kasus laptop, ada pabrikan yang menyebut komputer 10 inci sebagai notebook, dan beberapa menyebutnya sebagai netbook.

Bagaimana Membedakan?

Karena itu memiliki pergeseran makna, dan juga belum ditegakkan secara sah, jadi sekarang laptop, notebook, dan netbook masih sering disalahpahami. Inilah perbedaan antara laptop dan notebook:

Perbedaan Fitur Fisik

Banyak yang mengatakan bahwa perbedaan antara laptop dan notebook dapat dilihat dari segi fisik. Beberapa ahli dan pendapat mengklaim bahwa laptop memiliki drive DVD di dalamnya, sedangkan notebook tidak. Ini membuat notebook jauh lebih tipis daripada laptop.

1. Ukuran Layar Notebook dan Laptop
Saat ini untuk ukuran layar notebook dan juga laptop tidak berbeda jauh. Sebagian besar mengadopsi layar berukuran 13 hingga 15 inci. Cukup besar untuk berbagai kebutuhan, seperti menonton film dan juga bermain game.

2. Spesifikasi Notebook dan Laptop
Spesifikasi laptop dan notebook juga tidak jauh berbeda. Notebook dan laptop memiliki kesempatan untuk memiliki spesifikasi yang tinggi, serta bagian-bagiannya - CPU. Ini karena ukurannya yang cukup besar, sehingga pas untuk disematkan berbagai spesifikasi komputer terbaru. Spesifikasi lain seperti RAM dan prosesor (baca juga prosesor arus tertinggi) yang cukup baik membuat notebook dan laptop lebih optimal dalam pengoperasiannya.

3. Harga Beli Laptop dan Notebook
Harga jual antara laptop dan notebook juga tidak jauh berbeda. Ini disebabkan juga karena fungsi dan juga fitur hampir sama, sehingga tidak terlalu dibedakan. Yang pasti tentu pengguna harus tahu apa itu perangkat keras dan fungsi komputer agar bisa menggunakan laptop dan netbook dengan benar.

Jika dibandingkan langsung maka notebook dan laptop tidak memiliki perbedaan yang signifikan, karena dari segi performa dan desain juga masih memiliki fitur yang sama. Itulah perbedaan dari notebook dan laptop.

Perbedaan dengan Netbook

Tipe lain dari komputer jinjing, netbook. Netbook ini juga sering disamakan dengan notebook. Padahal sebenarnya netbook dan juga notebook dan laptop memiliki perbedaan yang sangat jauh. Inilah bedanya:

1. Dari Segi Fisik
Jika dilihat dari segi fisik, netbook memiliki bentuk yang sangat kecil, dengan ukuran layar minimal 10 inci. Berat netbook jauh lebih ringan daripada laptop.

2. Fitur dan Spesifikasi
Bentuknya yang kecil juga mempengaruhi fitur dan juga spesifikasi dari netbook. Biasanya, spesifikasi netbook adalah spesifikasi "roughing" dengan prosesor low end, kapasitas RAM 1 GB, VGA onboard, dan beberapa komponen CPU standar dan tidak biasa lainnya. Tentu saja spesifikasi ini akan memberikan efek RAM pada kerja komputer yang dapat mengoptimalkan setiap kinerja dan apa pun yang dilakukan netbook.

Kebanyakan netbook hanya digunakan untuk keperluan membuat dokumen dengan cepat dan juga prkatis. Jadi tidak akan mungkin bila menggunakan berbagai perangkat lunak tambahan yang memiliki banyak kapasitas, seperti perangkat lunak gratis untuk mengedit video.

3. Harga Jual Netbook
Tentu bila dilihat dari spesifikasinya, harga jual netbook juga jauh lebih murah dari notebook atau laptop. Biasanya netbook bisa Anda dapatkan dalam kisaran 2 hingga 3 juta saja. Tetapi jika ada kerusakan yang signifikan pada perangkat keras dan komponen lainnya akan mengurangi harga jual netbook.

Terutama jika penyebab kerusakan pada hard drive, penyebab kerusakan pada motherboard, penyebab kerusakan pada prosesor, penyebab kerusakan RAM atau bahkan penggantian perangkat keras asli karena kerusakan lainnya akan semakin mengurangi nilai harga jual kembali.