Penyebab Dan Cara Memperbaiki Kipas Power Supply Komputer Tidak Berputar

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Kipas Power Supply Komputer Tidak Berputar
Penyebab Dan Cara Memperbaiki Kipas Power Supply Komputer Tidak Berputar
Power supply adalah salah satu komponen di komputer yang sangat vital, karena ini berkaitan dengan kebutuhan akan komputer akan listrik. Fungsi catu daya pada komputer adalah menahan tegangan untuk kebutuhan komponen lain di dalam komputer agar berfungsi dengan baik. Sengatan listrik yang diperlukan oleh komponen ini biasanya tidak sebesar sumber tegangan, misalnya 3.3V atau 5V.

Salah satu tanda bahwa catu daya berfungsi dengan baik dapat dilihat dari putaran kipas catu daya. Jika kipas berputar, maka itu pertanda catu daya berfungsi dengan baik. Lalu, bagaimana jika kipas catu daya tidak berputar? Apakah itu pertanda catu daya komputer yang rusak?
Penyebab Dan Cara Memperbaiki Kipas Power Supply Komputer Tidak Berputar
Penyebab Dan Cara Memperbaiki Kipas Power Supply Komputer Tidak Berputar

Jawabannya bisa ya atau tidak. Namun, haruskah Anda memperbaiki masalah kipas, karena konsekuensinya dapat membahayakan perangkat lain di komputer Anda, seperti apa?

1. Komputer dan Power Supply akan Panas

Jika kipas pada catu daya tidak berputar, maka semua bagian komputer akan mudah panas, baik di catu daya itu sendiri maupun perangkat lain seperti hard drive, DVD-ROM, dan komponen komputer lainnya. Selain itu, panas yang dialami oleh casing komputer juga akan sedikit berbeda dalam casing komputer dengan catu daya kipas yang berputar. Casing komputer yang power supply kipasnya tidak berputar akan terasa jauh lebih panas dari biasanya.

2. Komputer akan Tetap Menyala Tetapi Gagal Booting

Komputer mungkin tetap menyala bahkan jika kipas catu dayanya tidak berputar atau mati. Tetapi biasanya itu tidak akan bertahan lama, karena komputer akan nge-hang atau bahkan akan gagal boot karena suhu di dalam komputer yang melebihi batas. Dalam kondisi tertentu, komputer akan me-restart secara otomatis ketika suhu di dalam komputer tidak normal dan cenderung melintasi batas.

3. Komputer Berpeluang Mengalami Kerusakan

Kipas catu daya yang tidak berputar menyebabkan suhu di komputer melebihi batas. Suhu komputer yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan komputer. Kerusakan mungkin terjadi pada komponen di dalam catu daya itu sendiri atau bahkan pada perangkat lain di komputer Anda.

Penyebab Kipas Power Supply Tidak Berputar

Adapun penyebab dari kipas power supply tidak berputar bisa diakibatkan oleh beberapa hal berikut ini:


  • Ada kapasitor di power supply yang mengembang
  • Kotornya kipas power supply
  • Kipas power supply telah rusak

Cara Mengatasi Kipas Power Supply Tidak Berputar


Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi kipas catu daya yang tidak berputar berdasarkan penyebab yang telah kami jelaskan di atas:

1. Sebenarnya tidak rusak tapi ...
Jika kipas catu daya tidak berputar, bisa jadi kipas power supply tidak berputar jika penggunaan komputer Anda ringan. Biasanya, ada kipas power supply baru yang berputar ketika penggunaan daya komputer melebihi 25% dari daya yang dipasok oleh catu daya.

Yang pasti, Anda dapat memeriksa apakah ada fitur untuk menyalakan kipas secara otomatis saat penggunaan berat di BIOS. Artinya, Anda harus masuk ke tampilan BIOS komputer Anda untuk memastikan.

2. Bersihkan power supply
Kipas catu daya yang tidak berputar dapat disebabkan oleh keberadaan debu yang telah melekat pada kipas dan komponen catu daya lainnya, sehingga akan cenderung memperburuk kerja kipas untuk berputar. Oleh karena itu, kipas power supply perlu dibersihkan. Triknya adalah sebagai berikut:



  • Buka power supply dari dalam komputer Anda,
  • Selanjutnya, buka casing power supply tersebut. Caranya dengan membuka keempat baut pada casing power supply.
  • Bersihkan komponen-komponen di dalam power supply dari debu dengan alat penyemprot debu atau dengan kuas cat ukuran kecil agar power supply bersih dari kotoran dan debu.
  • Buka baut kipas yang menempel pada casing power supply.
  • Bersihkan baling-baling kipas power supply dari debu
  • Lumasi kipas dengan pelumas. Lumasinya cukup sedikit saja agar pelumas tidak menyiprat komponen power supply lainnya dan bagian-bagian CPU di luar power supply.
  • Putar bilah sedikit agar pelumas dapat menyebar secara merata.
  • Setelah putaran kipas lancar dan tidak tersendat, pasang kembali kipas ke casing power supply.
  • Tutup kembali casing power supply
  • Pasang kembali power supply ke komputer
3. Ganti komponen elektronik yang rusak

Kipas catu daya non-spin dapat disebabkan oleh kerusakan pada kapasitor yang tertanam di catu daya. Indikasi kerusakan tersebut adalah pembengkakan kapasitor. Berikut adalah cara memperbaiki catu daya dengan mengganti kapasitor yang rusak dengan kapasitor baru

  • Buka power supply dari dalam komputer Anda,
  • Selanjutnya, buka casing power supply tersebut. Caranya dengan membuka keempat baut pada casing power supply.
  • Cek komponen elektronik yang bermasalah pada power supply. Anda bisa menggunakan multitester untuk memastikan adanya kerusakan pada komponen-komponen tersebut.
  • Jika ditemukan adanya komponen yang rusak, misalnya seperti kapasitor yang mengembung, siapkan kapasitor pengganti yang nilainya sama dengan nilai dari kapasitor yang rusak.
  • Jika kapasitor baru telah siap, buka PCB power supply. Dan siapkan solder dan timah solder.
  • Panaskan solder. Lalu, lepaskan kapasitor yang rusak.
  • Masukkan kapasitor pengganti ke tempat kapasitor yang rusak tersebut di PCB. Jika kapasitor yang rusak adalah kapasitor polar, pastikan Anda memasang kakinya di tempat yang benar dan sama dengan kapasitor sebelumnya
  • Solder kaki kapasitor dengan timah
  • Jika semua komponen yang rusak diperbaiki, pasang kembali PCB ke dalam power supply.
  • Cek apakah power supply bisa kembali berfungsi dengan normal. Cara cek power supply tanpa motherboard adalah dengan hubungkan (jumper) kabel warna hijau dan hitam pada kabel keluaran power supply dengan klip kertas yang ditekuk.

4. Ganti kipas power supply
Jika ternyata kipas catu daya Anda benar-benar rusak dan tidak bisa berputar ketika Anda telah melakukan kedua cara yang telah kami sebutkan di atas, maka Anda harus mengganti kipas catu daya, atau bahkan catu daya, dengan yang baru. Bagaimana cara mengubahnya? Begini caranya:

  • Cari kipas power supply atau power supply yang spesifikasinya sama dengan kipas yang rusak. Untuk merk, Anda tak perlu mempedulikannya, yang penting adalah spesifikasinya yang sesuai dengan kipas atau power supply aslinya. Nilai yang patut Anda lihat adalah nilai arusnya.
  • Buka casing CPU komputer. Kemudian, lepaskan power supply dari CPU komputer
  • Jika Anda hendak mengganti power supply baru, langsung ke langkah 7.
  • Buka casing power supply.
  • Lepaskan kipas power supply yang rusak. Anda bisa menggunakan solder dan penyedot timah solder untuk melepas solderan kabel kipas di PCB. Namun, jika tidak bisa, Anda boleh memotong kabelnya untuk kemudian disambungkan kembali dengan kipas yang baru. Gunakan selotip hitam untuk menutupi sambungan tadi
  • Sebelum power supply ditutup, coba dulu apakah kipas baru tersebut bisa berputar dengan baik atau tidak.
  • Jika tidak ada masalah, Anda dapat melanjutkan dengan menutup power supply dan memasang kembali power supply (yang baru jika memang diganti) ke CPU komputer.
5. Gunakan Stabilizer


Kipas catu daya dapat rusak karena tegangan yang masuk ke catu daya tidak stabil. Untuk menstabilkan, Anda bisa menggunakan stabillizer. Fungsi dari stabillizer adalah untuk mengkondisikan arus listrik yang masuk ke komputer (atau catu daya) agar tetap stabil. Aliran listrik yang stabil akan membuat komponen di komputer lebih tahan lama.

Begitu banyak artikel kami kali ini di sekitar kipas power supply tidak berputar, dari konsekuensi, penyebab, dan cara mengatasinya. Semoga informasi yang kami berikan dalam artikel ini dapat membantu Anda untuk memperbaiki kipas listrik di komputer Anda.