Perbedaan Browser dan Search Engine Beserta Contoh Web Browser dan Search Engine

Perbedaan Browser dan Search Engine Beserta Contoh Web Browser dan Search Engine
Perbedaan Browser dan Search Engine Beserta Contoh Web Browser dan Search Engine
Perbedaan Browser dan Search Engine Beserta Contohnya. Penggunaan jaringan komputer sekarang sangat cepat berkembang dan banyak digunakan oleh pengguna. Dengan adanya jaringan komputer, pengguna bisa mendapatkan banyak manfaat dari jaringan komputer. Salah satu jenis jaringan komputer yang saat ini paling banyak digunakan adalah internet. Ya, internet adalah singkatan dari jaringan internasional atau jaringan internasional.

Internet adalah jaringan yang memungkinkan setiap komputer di dunia dapat terhubung dan juga terhubung satu sama lain dengan menggunakan protokol standar yang saat ini kita kenal dengan nama TCP / IP. Dengan internet, maka kita dapat melakukan banyak hal yang kita inginkan dengan mudah dan cepat.
Browser dan Search Engine


Sejarah Singkat Internet

Sejarah penggunaan internet pertama kali tidak lepas dari sejarah jaringan komputer. Jaringan komputer awalnya mulai dibuat dan juga dikembangkan pada era 1940-an hingga era 1980-an. Internet sendiri memulai gagasannya pada 1973 oleh dua ilmuwan bernama Vinton Cerf dan juga Bob Kahn. Kedua orang ini mencetuskan ide semua komputer di dunia dapat dihubungkan dengan menggunakan jaringan internasional / Jaringan Internasional yang disingkat menjadi internet.

Pada tahun 1982, ketika Internet mulai banyak digunakan, protokol standar dibuat sehingga setiap komputer dapat dengan mudah mengakses jaringan internet tanpa kendala apa pun, yaitu TCP / IP yang masih kita gunakan untuk mengakses internet. Dilanjutkan hingga tahun 1990-an, meluasnya penggunaan Internet kemudian mulai membawa banyak inovasi baru, seperti Search engine, E-retail, Chatting, Email, WWW, dan juga penggunaan browser web.

Dengan berkembangnya semua perangkat yang mendukung penggunaan internet oleh pengguna, maka wajar jika saat ini, internet adalah jaringan terbesar di bumi, di mana hampir lebih dari ratusan juta komputer terhubung setiap menit dengan internet jaingan.

Penggunaan web browser dan juga search engine pada internet

Salah satu penggunaan internet yang populer adalah penggunaan peramban web dan juga mesin telusur di jaringan internet secara luas. Kedua aplikasi tesebut digunakan oleh semua pengguna internet di seluruh dunia, sehingga menjadi salah satu bagian tak terputus dari jaringan internet.

Web Browser

Peramban web itu sendiri secara harfiah adalah browser, yang digunakan untuk menjelajahi dunia internet. Browser web menggunakan konsep www atau world wide web dalam membuaka lebih dari miliaran situs di dunia, hanya dengan satu klik.

Secara teknis, browser web adalah perangkat lunak atau perangkat lunak, yang digunakan untuk menampilkan data yang kita akses ke komputer kita.

Cara Kerja dari sebuah web browser

Berikut ini adalah cara kerja web browser yang sudah diringkas secara sederhana :


  1. User menyalakan komputer dan membuka web browser –
  2. user mengetikkan alamat –
  3. server mengirimkan data melalui jaringan –
  4. Data yang kita akses muncul pada halaman web browser kita
Browser web itu sendiri termasuk dalam lapisan aplikasi, yang digunakan sebagai tampilan. Untuk lebih jelasnya, silakan baca tentang 7 lapisan Lapisan OSI. dengan adanya browser web ini, maka kita bisa melihat data yang kita butuhkan, dan mendapatkan informasi dari server.


Contoh browser web populer:

1. Mozilla Firefox
Adalah browser web yang dikembangkan oleh Mozilla. Saat ini penggunaan Mozilla sangat populer di kalangan pengguna yang menggunakan sistem operasi Windows. Bahkan peramban ini adalah salah satu jenis paling populer dari peramban paling populer saat ini.

2. Internet Explorer
Internet Explorer atau IE atau MSIE adalah browser web yang dikembangkan oleh Microsoft. Meski begitu, penggunaan MSIE masih kurang dari penggunaan Firefox atau Chrome.

3. Browser Safari
Safari adalah browser web yang dimiliki oleh Apple, yang merupakan browser standar produk Apple yang menggunakan sistem Operasi Mac dan juga iOS.

4. Google Chrome
Adalah salah satu browser web yang banyak diminati oleh pengguna. Peramban web Google dinilai lebih cepat daripada peramban web lainnya.

5. Opera
Opera Mini adalah browser web multi-platform yang dapat Anda gunakan pada berbagai jenis sistem operasi, bahkan ke versi smartphone low end (bukan android atau iOS)


Search Engine
Seperti namanya, mesin pencari adalah mesin pencari. Mesin pencari banyak digunakan untuk mencari informasi berbasis kata kunci tertentu. Jadi, apa pun kata kunci yang Anda masukkan, mesin pencari akan menampilkan hasil berbagai jenis situs web yang memiliki informasi sesuai dengan kata kunci yang Anda masukkan. Agar lebih jelas tentang mesin pencari, Anda dapat membaca tentang definisi mesin pencari.

Cara Kerja Search Engine

Berikut ini adalah cara kerja search engine secara singkat :

1. Masuk ke web browser anda – 2. lakukan search dengan menuliskan keyword – 3. search engine akan memberikan website yang relevan dengan keyword anda

Contoh dari search engine :

1. Google Search
Merupakan search engine yang paling banyak digunakan. Hampir seluruh sumber referensi dan juga penggunaan kata kunci menggunakan search engine dari google.

2. Yahoo Search
Yahoo search merupakan fitur search engine yang dimiliki oleh Yahoo!, namun masih kalah pamor dengan google.

3. MSN Search
Tak mau kalah, Microsoft pun menciptakan MSN search sebagai mesin pencari dari Microsoft, namun tentu saja penggunaannya masih kalah dengan google.

Kesimpulan Perbedaan Searh Engine dengan browser
Ada beberapa perebedaan mendasar dari web broser dan juga search engine. Berikut ini adalah perbedaan dari web browser dan search engine :


Web Browser
1. Web browser merupakan software yang berdiri sendiri
2. Web browser digunakan untuk menjelajahi internet dan mencari situs dengan basis WWW
3. Web browser memiliki beragam fitur yang memudahkan pencarian bagi usernya

Search Engine
1. Search engine kebanyakan merupakan bagian dari sebuah web browser
2. Search engine hanya bisa digunakan untuk mencari dengan basis keyword
3. Fitur dari search engine hanya terbatas pada pencarian link, gambar, dan juga video. Semua hasil pencarian hanya bisa diakses menggunakan web browser.

Itu lah sekilas mengenai perbedaan search engine dan web browser. Perlu di ingat web browser terkadang akan membutuhkan ram komputer yang sangat tinggi untuk dapat bekerja dengan baik