Perbedaan Komputer Server Dengan Komputer Client Biasa

Perbedaan Komputer Server Dengan Komputer Client Biasa
Perbedaan Komputer Server Dengan Komputer Client Biasa
Penggunaan jaringan komputer saat ini tentunya memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Paling tidak, dari jaringan komputer, misalnya adalah jaringan internet, kita sudah bisa merasakan banyak manfaat yang bisa kita rasakan. Salah satu manfaat dari jaringan internet saat ini yang paling berkembang adalah media sosial dan juga e-commerce. Dengan kedua manfaat ini, tentu akan sangat mudah bagi kita semua untuk mengetahui informasi terbaru dan juga untuk membeli banyak kebutuhan pribadi kita.

Perangkat Keras Pada Jaringan Komputer

Berbicara tentang jaringan komputer, maka dalam jaringan komputer, kita harus mengetahui berbagai istilah perangkat keras jaringan komputer. Perangkat ini tentu saja akan membantu kelangsungan proses data yang terjadi pada jaringan komputer. Jadi intinya adalah tanpa menggunakan perangkat keras, seperti Hub, Switch, Modem, Router, Bridge, Server, User, Access Point, dan masih banyak lagi, maka pasti jaringan komputer tidak akan berjalan dengan baik dan juga berjalan dengan sempurna.
Komputer Server

Setiap perangkat keras juga harus disesuaikan dengan spesifikasinya, sesuai dengan tugasnya, jangan sampai kita membeli perangkat keras yang ternyata tidak berguna untuk sistem jaringan komputer yang akan kita buat.

Perangkat keras yang memiliki peran vital

Semua hardware atau perangkat keras adalah beberapa perangkat keras yang tentu saja diperlukan untuk membangun jaringan. Namun, ada dua perangkat keras yang memiliki peran vital agar sistem jaringan dapat berjalan dengan baik, yaitu komputer server dan juga pc. Server adalah penyedia data untuk jaringan, sedangkan PC adalah komputer yang disediakan untuk mengakses informasi dari server. Jadi, tanpa kedua komputer suatu jaringan tidak dapat berjalan dengan baik.

Tentu saja komputer server dengan komputer biasa memiliki banyak sekali perbedaan. perbedaan antara kedua jenis komputer ini tentu saja terletak dari banyak aspek, mulai dari fungsi utama, sistem operasi yang digunakan, maintanence dan perawatan, perangkat keras yang digunakan, hingga detil – detil khusus yang harus diperhatikan. Berdasarkan aspek – aspek tersebut, berikut ini akan dijelaskan perbedaan utama dari komputer server dengan komputer biasa.

Komputer Server vs Komputer Client : Berdasarkan Fungsinya


  • Fungsi Komputer Server


Komputer server berfungsi untuk menjadi sentral dari sebuah jaringan komputer. Komputer server menyediakan seluruh informasi dari suatu perusahaan atau organisasi, bisa dibilang, seluruh rahasia miliki perusahaan dan juga organisasi disimpan di dalam komputer server.

Komputer server juga sering digunakan sebagai database server yang mana menampung berbagai jenis DBMS (Baca : Contoh DBMS). Selain itu, komputer server juga digunakan sebagai komputer yang menyediakan akses bagi komputer lainnya.

Server merupakan tumpuan dari sebuah jaringan
Selain itu, komputer server juga memiliki kemampuan untuk melakukan troubleshooting dari kerusakan jaringan, serta semua koneksi jaringan bertumpu pada kemampuan komputer server. Apabila komputer server mengalami kerusakan, maka hal ini pastinya akan sangat mengganggu sebuah jaringan.


  • Fungsi Komputer Biasa


komputer biasa hanya berfungsi untuk mengakses data yang dimiliki oleh komputer server saja. Hal ini tentu saja sudah jelas – jelas membedakan komputer server dengan komputer biasa. Komputer biasa dapat digunakan secara individu untuk keperluan perkantoran atau administrasi.
Komputer Biasa
Komputer Biasa

Jadi, apabila dilihat berdasarkan fungsinya, peran komputer server sangatlah vital, karena merupakan pusat atau komputer induk dari sebuah perusahaan atau pun instansi.

Komputer Server vs Komputer Client : Sistem operasi yang digunakan
Perbedaan komputer server dan juga komputer biasa yang kedua bisa dilihat berdasarkan sistem operasi yang digunakan.Berikut ini  adalah perbedaan komputer server dan juga komputer biasa berdasarkan sistem operasinya :


  • Komputer Server


Server memiliki sistem operasi yang berbeda daripada komputer biasa. Sebagai sebuah server, kompter biasanya akan menggunakan sistem operasi Windows Server, Mac OS server, Linux server, dan bermacam – macam sistem operasi server lainnya. Dengan adanya sistem operasi server ini, maka memungkinkan sebuah server mampu untuk menjadi induk dari semua komputer yang ada di dalam satu instansi.


  • Komputer Biasa


Windows XP, 7, 8, 10, Macintosh, Linux dan sebagainya. Itu adalah sistem operasi yang biasa digunakan pada PC atau komputer biasa, yang digunakan untuk mengakses data dari server.

Komputer Server vs Komputer Client : Perangkat keras yang digunakan

Dalam hal perangkat keras, komputer server dan juga komputer biasa memiliki beberapa perbedaan, meskipun ada juga beberapa komputer biasa yang perangkat kerasnya mampu menanggung beban server kecil.

Server membutuhkan perangkat keras yang spesifikasi lebih tinggi dari komputer biasa

Tapi setidaknya, spesifikasi standar komputer biasa, seperti Intel Dual Core CPU, RAM 2 GB, Harddisk 500 GB tidak akan cukup untuk menanggung beban sebagai server  Paling tidak server harus memiliki prosesor yan memiliki clock yang tinggi, dan kapasitas RAM juga tinggi. Ini untuk membantu server melakukan pengolahan data dengan cepat. Baca juga tentang cara membedakan DDR1 DDR2 RAM, DDR3 dan RAM Computer


Selain itu, hard disk dari komputer server juga harus besar. Ini karena semua data milik perusahaan akan disimpan di server hard disk, jadi pasti membutuhkan kapasitas hard drive yang sangat besar, terutama untuk organisasi atau perusahaan besar.

Komputer Server vs Komputer Client : Cara perawatan dan maintenance

Cara pemeliharaan antara komputer server dan juga komputer normal berbeda. Ya, jika komputer normal hanya membutuhkan kondisi ruang normal untuk bekerja, maka komputer server berbeda.


  • Kebutuhan komputer server akan ruangan khusus yang terpisah


Komputer server harus memiliki satu ruang khusus, yang dapat berisi semua perangkat keras yang dimiliki oleh komputer server itu sendiri dan perangkat jaringan, seperti hub, switch, dan sebagainya. Selain itu, komputer server juga diperlukan untuk tetap berjalan selama 24 jam penuh tanpa gangguan, ini karena jika komputer server mati, maka ini akan membuat seluruh jaringan mati.


  • Sumber listrik cadangan yang tepisah untuk komputer server


Oleh karena itu, komputer server harus memiliki sumber daya yang berbeda dari komputer biasa, dan memiliki sumber daya cadangan. Selain itu, ada komputer server yang baik ditempatkan di ruangan yang dingin dan jauh dari debu dan hewan pengerat. Ini untuk menghindari kerusakan kabel dan juga terlalu panas pada komputer server.

Jadi, berdasarkan uraian di atas, sudah jelas, bahwa komputer server dan juga komputer biasa memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Kedua komputer ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, jadi dari segi pemeliharaan dan juga kualitas komponen yang harus digunakan akan jauh berbeda.

Bagaimana? semoga artikel ini bisa menambah pemahaman Anda mengai komputer server yang berbeda dengan komputer biasa.