Perintah dan Fungsi Dasar AutoCAD Paling Lengkap

Perintah-perintah autocad beserta fungsinya. AutoCAD adalah salah satu perangkat lunak Computer Aided Design (CAD) yang paling umum digunakan untuk membuat gambar 2 dimensi dan 3 dimensi, AutoCAD dikembangkan dan dipasarkan oleh Autodesk. Perangkat Lunak Computer Aided Design (CAD) itu sendiri berarti perangkat lunak yang digunakan untuk membuat desain produk atau bagian tertentu dari produk, desain yang dihasilkan dapat berupa desain 2 dimensi atau 3 dimensi yang berfungsi "di tolong" atau "dalam membantu "oleh komputer (otomatisasi saat melakukan suatu tindakan).

Perangkat lunak CAD (terutama AutoCAD) terintegrasi dengan CAE (Computer Aided Engineering) dan perangkat CAM (Computer Aided Manufacturing). Ini memungkinkan perangkat lunak AutoCAD digunakan untuk pemodelan padat. Model solid memungkinkan pengguna untuk memvisualisasikan komponen yang dibuat secara realistis. Model ini juga dapat memiliki sifat seperti massa, volume, pusat gravitasi, luas permukaan dan sebagainya.
Perintah dan Fungsi Dasar AutoCAD Paling Lengkap


Perintah Dasar AutoCAD Untuk Memanipulasi Obyek 2 Dimensi

Anda dapat menggunakan perangkat lunak AutoCAD untuk membuat objek 2 dimensi (desain produk, gambar, dll.), Pengembang lahan dan arsitek menggunakan AutoCAD untuk membuat peta atau denah lantai, berikut adalah perintah AutoCAD dasar untuk membuat dan memanipulasi objek 2 dimensi.

1. Line

Sesuai namanya, perintah Line (yang berarti "garis") dalam desain 2 dimensi menggunakan AutoCAD berfungsi untuk membuat objek garis lurus, objek yang dibentuk dengan menentukan titik awal atau node dan node akhir, perintah ini dapat diakses dengan mengetik "L" atau "Line" Kemudian tekan tombol Enter.

2.Circle

Nama perintah Lingkaran juga menjelaskan fungsinya, dalam desain 2 dimensi menggunakan perintah Lingkaran AutoCAD yang digunakan untuk membuat objek lingkaran (dan variasinya), objek lingkaran dibuat dengan menetapkan titik pusat dan nilai radiusnya (panjang jari-jari) , perintah ini dapat diakses dengan mengetik "C" atau "Lingkaran" lalu tekan tombol Enter.

3. Arc

Perintah Arc dalam desain objek 2 dimensi menggunakan AutoCAD digunakan untuk membuat objek setengah lingkaran ("busur" yang berarti "bahtera" atau "perahu" diasumsikan mewakili bentuk setengah lingkaran), perintah ini dapat diakses dengan mengetik "Arc" lalu tekan tombol Enter

4. Fillet

Perintah Fillet pada desain objek 2-dimensi menggunakan AutoCAD digunakan untuk membuat objek sudut tumpul, tingkat kemiringan sudut ditentukan oleh jari-jari atau dimensi lingkaran, perintah ini dapat diakses dengan mengetik "Fillet" dan kemudian menekan tombol Enter.

5. Chamfer

Berbeda dengan perintah Fillet, perintah Chamfer pada desain objek 2 dimensi menggunakan AutoCAD digunakan untuk membuat objek sudut lurus, sudut sudut sudut ditentukan berdasarkan koordinat pada sumbu x dan sumbu y, perintah ini dapat diakses dengan mengetik "Chamfer" lalu tekan tombol Enter.

6.Trim

Perintah Potong pada desain objek 2 dimensi menggunakan AutoCAD digunakan untuk membuat objek yang berpotongan atau "bertabrakan" dengan objek lain yang terpotong, perintah Trim tidak akan menghapus objek "pemotong" tetapi bagian dari objek yang posisinya di bawah dan "" (Pemangkas) akan dihapus, perintah ini dapat diakses dengan mengetik "Tr" atau "Potong" lalu tekan tombol Enter.

7. Offset

Perintah Offset dalam desain 2 dimensi menggunakan AutoCAD digunakan untuk membuat objek melingkar konsentris (memiliki pusat yang sama), memiliki garis paralel dan kurva paralel, hanya perintah Offset digunakan untuk membuat duplikasi objek (atau kumpulan objek) berdasarkan offset (garis besar) objek, perintah ini dapat diakses dengan mengetik "Offset" lalu tekan tombol Enter.

8. Mirror

Perintah Mirror pada desain objek 2 dimensi menggunakan AutoCAD digunakan untuk menduplikasi objek secara terbalik (seperti "mirror"), objek duplikat akan berada tepat di sebelah objek duplikat, hanya posisinya "flip" seperti objek yang terlampir ke cermin, perintah ini dapat diakses dengan mengetik "Mi" lalu tekan tombol Enter.

9.  Copy

Perintah penyalinan pada desain 2 dimensi menggunakan AutoCAD digunakan untuk menduplikasi objek dengan menentukan titik pertama (objek sumber yang akan diduplikasi) dan titik akhir (lokasi tujuan objek duplikat) dan jarak dan arah antara objek asli dengan objek duplikat, perintah ini dapat diakses dengan mengetik "Co" lalu tekan tombol Enter.

10. Extend

Extend perintah pada desain 2 dimensi menggunakan AutoCAD yang digunakan untuk membantu memperluas (memperpanjang) objek untuk memenuhi tepi objek lain, objek akan secara otomatis diperluas berdasarkan kriteria objek yang dibuat, perintah ini dapat diakses dengan mengetik " Perpanjang "lalu tekan tombol Enter.

11. Array

Perintah array dalam desain 2 dimensi menggunakan AutoCAD terdiri dari perintah ArrayRect, ArrayPolar, dan ArrayPath. Ketiganya berguna untuk membantu Anda dalam membuat objek, dan membuat semacam jaringan yang dibuat oleh salinan objek asli dikompilasi menjadi kombinasi. Secara khusus ArrayRect akan membantu mendistribusikan objek identik dalam baris dan kolom tertentu, ArrayPolar akan membantu mendistribusikan objek dalam pola melingkar di sekitar titik tengah sedangkan ArrayPath akan membantu mendistribusikan objek di sepanjang jalur yang ditentukan, perintah ini dapat diakses dengan mengetik "ArrayRect", "ArrayPolar" , atau "ArrayPath" lalu tekan tombol Enter.

12. Move

Perintah Move pada desain 2 dimensi menggunakan AutoCAD digunakan untuk mengubah lokasi objek, menggunakan perintah Pindah Anda juga dapat mengaktifkan mode ORTHO dan menggunakan perintah untuk memasukkan jarak yang tepat yang ingin Anda pindahkan. Mode ORTHO akan memastikan objek bergerak dalam garis lurus ke lokasi sesuai dengan jarak yang ditentukan.

13. Rotate

Putar perintah pada desain 2 dimensi menggunakan AutoCAD digunakan untuk memutar objek searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam, untuk memutar objek Anda akan diminta untuk menentukan titik dasar dan sudut rotasi (sudut nilai positif berarti rotasi objek berlawanan arah dari jarum jam, sedangkan sudut nilai negatif berarti memutar objek searah jarum jam searah jarum jam).

14. Explode

Perintah Explode pada desain 2 dimensi menggunakan AutoCAD memungkinkan Anda untuk memisahkan komponen dari suatu objek. Misalkan Anda memiliki sekelompok objek yang terkunci dalam satu objek. Anda dapat menggunakan analogi yang sama untuk mengatakan bahwa persegi panjang akan terbentuk dengan 4 baris. Jika Anda ingin memecah persegi panjang menjadi 4 baris maka Anda perlu menggunakan perintah EXPLODE. Perintah ini juga dapat digunakan setelah membuat ARRAY yang memiliki elemen asosiatif. Untuk dapat menghapus fitur asosiatif dari array, perintah EXPLODE dapat digunakan.

15. Erase

Hapus perintah pada desain 2 dimensi menggunakan AutoCAD memungkinkan Anda menghapus objek di AutoCAD. Tetapi perintah ini menghapus seluruh objek, bukan bagian spesifik dari objek.

Perintah Dasar AutoCAD Untuk Memanipulasi Obyek 3 Dimensi

AutoCAD tidak hanya digunakan oleh para profesional di berbagai bidang untuk membuat objek 2 dimensi (seperti denah lantai, peta, skema dll) tetapi juga sering digunakan untuk membuat objek 3 dimensi presisi, terutama objek desain yang memerlukan akurasi tinggi seperti mesin desain suku cadang.

16. Extrude

Perintah ekstrusi pada desain 3 dimensi menggunakan AutoCAD berguna untuk membentuk benda padat (padat ke bagian dalam) atau permukaan benda berongga (tidak padat) dengan menghilangkan kurva 2 dimensi atau 3 dimensi pada permukaan suatu objek. Perintah ini dapat diakses dengan mengetik "Ext" lalu tekan tombol Enter. (Baca juga: kode PHP dan kode Fungsi)

17. Revolve

Perintah Revolve pada desain 3 dimensi menggunakan AutoCAD berguna untuk membuat benda padat atau membuat permukaan objek 3 dimensi tampak solid dengan menyapu kurva 2d atau 3d di sekitar sumbu x atau sumbu y. Prosesnya sama dengan membuat guci tanah liat konvensional (jika Anda pernah melihat proses pembuatan guci), jadi proses ini sering digunakan untuk membuat kaca, botol, cerobong asap dan objek objek dengan bentuk dasar seperti tabung lainnya, perintah ini dapat diakses dengan mengetik "Rev" lalu tekan tombol Enter. (Baca juga: Antarmuka Pengguna Tujuan)

18. Loft

Perintah loteng pada desain 3 dimensi menggunakan AutoCAD berguna untuk membuat objek 3 dimensi dari dua objek 3-dimensi yang berpotongan, perintah ini akan membuat objek baru dari bagian penutup, perintah ini dapat diakses dengan mengetik "Loft" lalu menekan Masukkan kunci. (Baca juga: Keuntungan dan Kerugian Delphi)

19. Subtract

Perintah Pengurangan dalam desain 3 dimensi menggunakan AutoCAD berguna untuk membuat lubang atau membuat objek "dikurangi" oleh objek lain di atasnya berdasarkan bagian yang berpotongan, cara kerjanya mirip dengan Loft, yaitu membuat objek 3 dimensi mempengaruhi objek 3-dimensi lainnya, dalam hal ini objek 3 dimensi dapat digunakan sebagai objek "menusuk" yang digunakan untuk "menyodok" objek lain, perintah ini dapat diakses dengan mengetik "Kurangi" lalu tekan tombol Enter. (Baca juga: Keuntungan dan Kerugian Visual Basic)

20. Union

Seperti namanya, urutan Uni desain 3-dimensi menggunakan AutoCAD berguna untuk menggabungkan beberapa (lebih dari satu) objek 3-dimensi dan objek 2-dimensi, bekerja dengan cara yang sama seperti Loft, hanya objek yang berpotongan akan digabung atau ditambahkan ke objek 3 dimensi utuh, perintah ini dapat diakses dengan mengetik "Union" lalu tekan tombol Enter. (Baca juga: Memprogram Tingkat Bahasa)

21. Helix

Perintah Helix dalam desain 3 dimensi menggunakan AutoCAD berguna untuk membuat objek spiral 2 dimensi atau mata air 3 dimensi, cocok digunakan untuk membuat objek seperti mur dan baut dan mata air di shock breaker kendaraan roda dua, perintah ini dapat diakses dengan mengetik "Helix" lalu tekan tombol Enter.

Jadi pembahasan perintah dasar AutoCAD, latihan membuat sempurna, terus berlatih untuk menghasilkan karya yang "sempurna", masih banyak perintah AutoCAD yang belum dibahas dalam diskusi ini karena berbagai keterbatasan, terus mengeksplorasi fitur-fitur software AutoCAD , fitur terbaru dalam perangkat lunak AutoCAD terbaru, semoga sukses dan berjumpa lagi dengan Anda di diskusi DosenIT lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel