Permasalahan Pada Jaringan Lan dan Cara Mengatasinya

Dalam implementasi dan juga pembentukan jaringan LAN, bukan tidak mungkin akan terjadi beberapa jenis masalah yang akan muncul nantinya. Sebagian besar masalah berasal dari perangkat keras atau perangkat keras jaringan komputer yang digunakan.

Dari jenis jaringan komputer yang ada, jaringan LAN lebih banyak digunakan daripada jaringan MAN dan WAN. Mengapa? karena jaringan LAN adalah jaringan yang fleksibel dan efektif untuk beberapa pengguna dengan tujuan menengah. Namun tidak sedikit perusahaan kecil yang memang menggunakan jaringan LAN ketimbang dengan jaringan WAN selain harga yang lebih rendah juga dikeluarkan.
Permasalahan Pada Jaringan Lan dan Cara Mengatasinya

Apa masalah yang sering terjadi pada jaringan LAN? Apa penyebabnya? Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah masalah umum dengan jaringan LAN, penyebabnya dan cara memperbaikinya:

1.  Kerusakan pada Kabel dan Konektor Jaringan
Masalah pertama yang sering terjadi pada jaringan LAN adalah jaringan LAN yang tidak dapat bekerja dengan baik dan juga optimal, yang disebabkan oleh gangguan dan kerusakan pada kabel dan juga konektor jaringan.

Masalah dengan kabel dan konektor sebenarnya masalah yang cenderung sederhana dan sederhana. Tetapi ini justru akan menyebabkan jaringan LAN tidak berfungsi dengan baik, apalagi jaringan LAN yang menggunakan topologi ring atau topologi bus.

Bagaimana mendeteksi kerusakan pada kabel dan konektor jaringan?

Untuk dapat mendeteksi kerusakan pada kabel dan juga konektor jaringan, yang harus dilakukan pertama adalah melakukan pengecekan dengan menggunakan tester LAN. Dengan menggunakan tester LAN, maka kita akan dapat mengetahui apakah kerusakan tersebut berasal dari kabel atau tidak.

Mengapa kabelnya rusak?

Ada banyak hal yang dapat membuat kerusakan kabel jaringan. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan kabel jarina rusak:


  • Kabel yang terjepit
  • Kabel yang digigit oleh hewan pengerat
  • Kondisi kabel yang sudah tidak baik kualitasnya
  • Konektor yang telepas
  • Kesalahan pada saat menyusun kabel

Bagaimana mengatasi kabel yang rusak?
Cara termudah dan juga mudah untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengganti kerusakan megalami kabel, sehingga dapat bekerja dengan lebih optimal lagi. Untuk itu pengguna dan teknisi perlu mengetahui apa saja jenis-jenis kabel jaringan komputer untuk penggunaan yang tepat dengan jaringan yang digunakan sehingga tidak perlu merasakan kerusakan untuk kesekian kalinya.

2. Kerusakan HUB dan Swtch
Pada jaringan LAN, hub dan switch juga merupakan perangkat keras jaringan yang paling penting. HUB dan switch juga dapat membantu memecah jaringan menjadi beberapa saluran dan menghubungkan setiap komputer klien dengan server. Kerusakan switch atau hub tentu saja akan menyebabkan seluruh komputer klien tidak dapat bekerja dan mengakses informasi dari komputer server.

Namun, kerusakan perangkat keras komputer yang satu ini kerap menjadi perdebatan karena fungsi keduanya mendukung untuk mendukung jaringan lebih optimal. Perbedaan hub dan switch akan terlihat jelas pada jaringan yang digunakan, seperti dalam topologi jaringan komputer perangkat ini bertanggung jawab untuk membagi paket data dari server ke klien.

Bagaimana cara mendeteksi kerusakan pada HUB?

Cara termudah untuk mendeteksi kerusakan pada hub dan switch adalah melihat lampu indikator. Jika lampu indikator tidak menyala, maka bisa jadi hub atau sakelar rusak.

Bagaimana cara mengatasinya?

Setelah Anda tahu bahwa hub Anda rusak, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Namun, jika hub atau switch Anda masih dalam masa garansi, Anda dapat melakukan proses klaim garansi.

3. Local Area Connection yang Tidak Muncul
Masalah yang mungkin terjadi pada komputer pengguna adalah Local Area Connection yang tidak muncul dan tidak terdeteksi pada komputer pengguna atau klien. Karena jika ini tidak dapat berhasil atau masalah terjadi, maka komputer atau laptop tidak dapat terhubung, yang akan berdampak pada keruskan perangkat keras yang mengganggu prinsip kerja dari jaringan komputer itu sendiri.

Apa penyebabnya?

Penyebab umum dari kondisi ini adalah adaptor jaringan nirkabel tidak dipasang dengan benar, atau driver adaptor jaringan nirkabel yang mungkin tidak diinstal dengan benar. Jika ini adalah tanda perangkat

Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk memperbaiki ini, Anda dapat merekonstruksi proses pemasangan adaptor jaringan nirkabel, atau menginstal ulang driver adaptor jaringan, sehingga sambungan LAN dan area lokal dapat berjalan dengan benar.

4. Ikon LAN Tak berkedip
Masalah lain yang juga sering muncul pada konektivitas jaringan LAN adalah ikon LAN yang tidak berkedip dan tidak muncul. Jika ikon LAN tidak mau berkedip, maka pasti ada masalah pada perangkat keras LAN-nya. Penyebab utama dari ini adalah konektor LAN yang mungkin tidak diinstal dengan benar, atau hub dan switch yang tidak berfungsinya atau malfungsi.

Jika sudah seperti ini kemungkinan tidak akan menghambat kerja perangkat keras lain seperti fungsi hub dan fungsi switch dalam mendistribusikan paket-paket data sinyal pada setiap komputer klien.

Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk memperbaikinya, cukup mudah dilakukan. Yang Anda perlukan hanyalah mencoba mencabut dan memasang kembali konektor LAN Anda dan juga memeriksa perangkat keras seperti hub dan switch.

5. Proses Transmisi Data Lambat
Dalam keadaan tertentu, sering ditemukan proses koneksi dan juga lambatnya otentikasi, dan proses transmisi data yang juga iklut menjadi lambat. Ini tentu saja sangat mengganggu, karena kita sebagai pengguna akan mendapatkan data secara perlahan dan juga akan memakan waktu lama.

Mengapa ini terjadi?

Secara umum, proses transfer serta transmisi data menjadi lebih lambat daripada biasanya terjadi karena kesibukan di server. Pada satu waktu tertentu, jaringan akan penuh dan sibuk, menyebabkan arus data menjadi sangat padat. Ini akan menyebabkan proses transfer data akan lambat.

Tetapi perhatikan juga pada perangkat yang ada di komputer dan laptop baik itu perangkat lunak atau perangkat keras. Sebagai contoh lapisan jaringan komputer yang menjadi lapisan dalam transmisi data untuk menyalurkna paket data ke komputer klien.

Bagaimana cara mengatasi ini?

Untuk mengatasi hal ini, lebih baik sebagai pengguna, kita dapat membatasi waktu untuk mengakses informasi. Cara lain yang dapat digunakan adalah meng-upgrade server dan juga perangkat keras perangkat keras, seperti mengganti kabel jaringan biasa menggunakan jaringan kabel dengan serat optik.

6. Sering Mengalami Kegagalan Server
Kegagalan server adalah kondisi di mana server tidak dapat melayani klien, bahkan jika koneksi LAN dalam keadaan terhubung. Ketika ini terjadi, maka tentu saja pengguna tidak akan dapat mengakses informasi yang dimiliki oleh server.

Mengapa ini terjadi?

Kegagalan server bisa terjadi karena banyak hal. salah satunya adalah sebagai berikut:


  • Yang pertama, kegagalan server bisa terjadi karena server menjadi terlalu sibuk, sehingga menyebabkan kapasitas server sudah melebihi batas yang menyebabkan server megnalami kegagalan.
  • Yang kedua adalah kondisi komputer server yang sedang tidak baik, misalnya harddisk yang terserang bad sector, ataupun diserang oleh virus-virus yang dapat menyebabkan server melambat dan menjadi off


Bagaimana mengatasi hal ini?

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mematikan jaringan terlebih dahulu, lalu melakukan pengecekan terhadap server anda. Bersihkan server anda dari malware dan program lainnya yang mencurigakan, atau bisa juga merestar koneksi dan juga server anda.

0 Response to "Permasalahan Pada Jaringan Lan dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel