Sejarah Perkembangan Microsoft Windows dari Awal sampai Sekarang

Sejarah Perkembangan Microsoft Windows dari Awal sampai Sekarang
Sejarah Perkembangan Microsoft Windows dari Awal sampai Sekarang

Awal didirikannya Microsoft

Kita semua sudah tahu siapa pencipta Microsoft, yang saat ini adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Microsoft Corporation dirintis oleh mahasiswa putus sekolah bernama Bll Gates, atau nama lengkap William Henry Gates III, yang didirikan pada 1975 dengan kantor pusat di Redmond, Washington DC, Amerika Serikat.

Saat ini Microsoft bukan hanya perusahaan pengembangan perangkat lunak, tetapi juga memiliki pengembangan di banyak bidang yang terkait dengan teknologi telekomunikasi dan teknologi informasi.
Sejarah Perkembangan Microsoft Windows dari Awal sampai Sekarang

Saat ini, Microsoft lebih dikenal sebagai salah satu perusahaan yang mengembangkan sistem operasi komputer, yang tidak hanya banyak digunakan, tetapi juga sangat legendaris, karena dapat dikatakan bahwa beberapa komputer generasi pertama menggunakan sistem operasi Microsoft dan pengembangan perangkat lunak untuk dapat untuk menjalankannya. Bisa dibilang perangkat lunak buatan Microsoft adalah legenda hidup yang masih ada hingga saat ini.

Sebagai perusahaan yang bergerak dalam pengembangan teknologi, informasi dan komunikasi. Microsoft sendiri memiliki beberapa tujuan bisnis. Berikut ini adalah sasaran bisnis Microsoft Corporation:

Mengembangkan Windows Client, yaitu sistem operasi berbasis Micrososft Windows pada client dan server


  • Information worker
  • Microsoft Business
  • Server anf Tools
  • Mobile and Embedded
  • MSN
  • Home anf Entertainment

Sejarah dan pengembangan dari Microsoft Windows


Microsoft Windows adalah salah satu sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan di dunia, dan juga merupakan salah satu pengembangan dan peningkatan produk Microsoft Corporation selama kurang lebih 30 tahun. Microsoft Windows sendiri, pada penerapannya dan prakteknya di dunia sistem operasi komputer mulai dikembangkan berdasarkan data berbasis DOS.

DOS sendiri merupakan salah satu sistem operasi komputer yang pada masanya merupakan salah satu sistem operasi yang digunakan di semua komputer. Short for Disk Operating System, DOS adalah sistem operasi komputer yang berjalan menggunakan disk di dalam komputer. Saat ini ketika kita membeli laptop, maka sistem operasi DOS sudah pasti terinstal di dalamnya.

Untuk menjalankan sistem operasi DOS ini, pengguna setidaknya harus memiliki pemahaman tentang beberapa bahasa dan perintah kompilator yang sederhana dan kompleks. Bahkan hanya untuk menyalin satu file saja, Anda mungkin perlu banyak waktu untuk mengetik perintah di DOS. Tentu saja penggunaan DOS sangat merepotkan. Oleh karena itu, dengan menggunakan pengembangan berbasis DOS, Microsoft windows mulai mengembangkan sistem operasinya sendiri, yang lebih mudah dan lebih user friendly.

Microsoft Windows sendiri pada dasarnya terbagi menjadi 3 generasi, yaitu genreasi basis DOS, Kernel berbasis NT dan berbasis WinFS. Berikut ini adalah pengembangan sistem operasi Microsoft Windows bersama dengan deskripsi lengkap tentang sejarahnya:



1. Windows 1.0 (era 1985)

Ini adalah versi pertama dari pengembangan sistem operasi Windows setelah MS DOS. Dengan menggunakan sistem operasi Windows 1.0, pengguna tidak hanya menikmati layar hitam DOS saja, tetapi sudah dapat menikmati tampilan antarmuka pengguna menggunakan unit bitmap dan menggunakan mouse sebagai alat untuk memindahkan kursor dan penunjuk.

Fungsionalitas keyboard, yang merupakan perangkat keras penting dalam MS-DOS, telah diganti dengan Mouse, dan memudahkan pengguna untuk menggunakan perintah atau perintah sederhana, seperti salin dan tempel. (baca juga: fungsi tombol keyboard)

Windows 1.0 sudah berada di sisi paket program dan juga aplikasi yang dapat membantu pengguna dalam manajemen, seperti kalender, kalkulator, notepad, dan banyak fitur lainnya yang sangat membanu pengguna.

2. Windows 2.0 (era 1987)

Merupakan pengembangan dari Windows 1.0. Windows versi 2.0 mini adalah sistem operasi Windows yang dikembangkan seiring dengan peningkatan spesifikasi dan kecepatan pemrosesan data yang tertanam pada prosesor Intel 286. Memori pada komputer diperbesar, sehingga memungkinkan untuk melakukan multitasking, seperti windows windows explorer yang menumpuk.

Di era ini, mulai banyak pengembang yang mulai mengembangkan berbagai aplikasi dan utilitas berbasis Windows. Pada sistem operasi ini juga, kombinasi keyboard pada keyboard juga menjadi lebih baik dan lebih cepat dalam hal operasionalisasi sistem operasi Windows ini.

3. Windows 2.03 (era 1990)

Pada tahun 1990, tepatnya pada bulan Mei, Windows 2.03 dirilis. Masih pengembangan sistem operasi Windows berbasis DOS sebelumnya, kali ini Windows 2.03 mulai menanamkan kemampuan mode terproteksi dan memori tambahan pada komputernya, yang merupakan fitur prosesor terbaru Intel, Intel 386.

Windows 2.03 telah mulai fokus pada kecepatan pemrosesan data, keandalan dan utilitas dalam memproses data dan juga dalam melakukan berbagai pekerjaan yang dibutuhkan oleh pengguna. (baca juga: fungsi prosesor)

4. Windows 3.0 (tahun 1990)

Masih menggunakan prosesor basis yang sama dengan Windows 2.03, Intel 386, Windows merilis versi ketiga dari sistem operasi andalan mereka. Memiliki kecepatan peningkatan kualitas yang lebih baik dan lebih optimal lagi dibandingkan dengan versi sistem operasi sebelumnya.

Sistem operasi ini menggunakan sistem grafik 26 bit, dan memiliki banyak fitur tambahan yang sangat berguna. Fitur ini merupakan cikal bakal perkembangan fitur Windows hingga saat ini, seperti Manajer Program, Manajer File, Manajer Cetak, dan penggunaan ikon yang lebih baik dan utilitas yang lebih baik.

5. Windows 3.11 For Workgroups (era 1993)

Merupakan sistem operasi Windows yang berfungsi dalam sistem jaringan komputer. Windows 3.11 untuk kelompok kerja menambahkan fitur penting, peer to peer workgroup dan dukungan untuk sistem jaringan lokal (LAN) yang sedang dibahas dan digunakan pada masa itu.

Windows For Workgroup juga memiliki afiliasi dan dukungan dari sistem operasi jaringan yang telah dikembangkan sebelumnya, yaitu Novell Netware, yang menyebabkan sistem operasi Windows 3.11 Untuk Workgroups banyak dilirik oleh para pebisnis, karena sistem operasi di perusahaan mereka yang telah mengimplementasikan lokal sistem jaringan atau LAN.

6. Windows NT 3.1 (pada era 1993)

Ini adalah sistem operasi berbasis kernel pertama dari Windows yang akan diluncurkan. Peluncuran ini disertai sistem operasi Windows berbasis DOS sebelumnya, yang juga diberi nama Windows 3.1. Memiliki kemampuan dan dukungan untuk GL terbuka, serta fitur Netwae dan print server.

Kelebihan lain dari windows 3.1 NT adalah penamaan file yang lebih panjang, hingga 255 karakter, dari yang sebelumnya hanya berjumlah 8 + 3 karakter saja. Pada tahun peluncurannya, juga, pada tahun 1993, diklaim bahwa Windows NT 3.1 telah menjual lebih dari 25 juta lisensi, yang digunakan di seluruh dunia pada waktu itu.

7. Windows 1995 (era 1995)

Kembali untuk mengembangkan sistem operasi berbasis MS-DOS, maka Microsoft kemudian mengeluarkan sistem operasi terbaru, yaitu Windows 95. Windows 95 adalah Windows 98 (Windows 3.1) peningkatan terintegrasi dengan TCP / IP, memiliki dukungan untuk akses Internet, terutama menggunakan jaringan dial-up, dan memfasilitasi pengguna dalam menginstal perangkat lunak dan aplikasi tambahan. Menggunakan sistem 32 bit yang mampu meningkatkan kemampuan multimedia dan jaringan jauh lebih baik dan terintegrasi.

Konsep penggunaan menu start Windows-style yang masih digunakan saat ini diperkenalkan pada sistem operasi Windows 95. Dengan start menu, pengguna dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang akan dijalankan, dan menjadi lebih cepat dalam mengakses sistem operasi Windows 95.

Penggunaan Windows Explorer juga mulai diperkenalkan, serta memiliki tambahan Internet Explorer, untuk mendukung kebutuhan berselancar dari usernya, yang pada era 90-an, internet telah banyak dikembangkan di seluruh dunia. (baca juga: riwayat jaringan komputer)

8. Windows NT Workstation 4.0

Ini adalah sistem operasi jaringan workstation yang dikembangkan oleh windows di dasar sistem operasi Windows 95. Sistem operasi juga merupakan sistem operasi berbasis kernel terakhir yang menggunakan nama NT tambahan dalam sistem operasinya.

Di era berikutnya, pada tahun 2000, sistem operasi Windows berbasis kernel, tidak akan lagi memasukkan informasi NT, yang dimulai dengan Windows 2000.

9. Windows 1998 (era 1998)

Untuk era sistem operasi tahun 1990-an, Windows 98 sebagai sistem operasi sangat bagus dan berkualitas. Sistem operasi Windows 1998 mampu bekerja lebih baik, dan memiliki dukungan kompatibilitas untuk banyak game. Di era ini, mulai banyak perusahaan dan pengembang game yang melirik bisnis PC Games dengan serius.

Di Windows 98 juga mulai disematkan banyak tambahan dukungan teknologi terbaru, seperti AGP, USB, Active Desktop, serta versi Internet Explorer terbaru yang lebih baik dan lebih cepat. Selain itu, Windows 98 juga kompatibel dengan penggunaan DVD, sebagai media pembaca data dalam DVD Rom-nya.

10. Windows 1998 SE (Edisi kedua, pada era 1999)

Adalah sistem operasi Windows 98 yang dikembangkan dengan penambahan fitur yang semakina menjadikan Windows 98 menjadi sistem operasi yang banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. Windows 98 SE dikenal sebagai sistem operasi yang user friendly dan mudah digunakan.

Dan memiliki banyak dukungan tambahan, terutama dalam hal hiburan, dengan pembaruan di Internet Explorer, DirectX, Jaringan rumah, dan menggunakan prinsip hybrit 16 dan 32 bit.

11. Windows 2000 Professional (pada tahun 1999)

Merupakan pengembangan dari Windows NT 4.0, yang bisa juga kita kenal dengan nama Windows NT 5. Ini adalah pengembangan super dari sistem operasi Windows NT 4.0. Memiliki basis atau basis Windows NT Workstation 4.0, Windows 2000 pro memiliki kompatibilitas dan kemudahan akses ke jaringan, baik lokal maupun internet.

Ini juga mendukung berbagai plug and play hardware, seperti USB, IEEE 1394, dan memiliki kemampuan untuk menggunakan fitur inframerah. Selain itu, di Windows 2000 pro ini, ada juga kompatibilitas jaringan nirkabel, yang sangat memudahkan pengguna dalam tehubung ke dalam jaringan.

12. Windows Millennium Edition (tahun 2000an)

Menyambut Milenium baru, Windows juga menerbitkan sistem operasi Windows 1998 yang dikenal sebagai Windows ME atau Millenium Edition. Sebuah sistem operasi yang dibuat untuk kebutuhan pribadi, dan merupakan sistem operasi yang memiliki banyak fitur multimedia yang sangat lengkap, dan masih dikembangkan hingga saat ini.

Fitur Windows Movie Maker, Mindows Media Player, serta berbagai sistem multimedia tambahan. Windows ME adalah sistem operasi Windows terakhir yang menggunakan basis Windows 95 dan 98, yang pada gilirannya akan digunakan sebagai Windows 2000 basis sistem operasi Windows yang akan dikembangkan selanjutnya.

13. Windows XP (Era 2001)

Sepertinya Windows XP adalah sistem operasi Windows paling populer di antara penggunanya, karena memiliki kompatibilitas luar biasa, dan mendukung banyak aplikasi dan perangkat lunak tambahan. Sistem operasi yang menggunakan kode dasar Windows 2000 adalah sistem operasi yang bergantung pada eXPerience, maka nama Windows XP.

Didisain dan dikembangkan secara sengaja untuk mendukung kebutuhan pribadi pengguna dan pengguna kantor dalam menggunakan komputer, Windows XP memiliki beberapa produk, sesuai kebutuhan.

Berikut ini adalah produk dari sistem operasi Windows XP:

  •  Windows XP Professional

Merupakan sistem operasi Windows Xp yang memiliki fitur terlengkap di kelasnya. Banyak digunakan sebagai sistem operasi Office, meskipun tak jarang digunakans ebagai sistem operasi personal. Memiliki fitur – fitur yang terbaik, dan termasuk di dalamnya adalah dalam hal networking, dan jga entertainment.

  • Windows XP Home Edition

Merupakan sistem operasi Windows XP yang lebih simple dibandingkan dengan RPofessional Edition. Windows XP Home Edition memiliki fitur – fitur umum yang dapat membantu user personal computer menjadi lebih betah dan juga lebih mudah dalam mengakses berbagai informasi di komputernya, termasuk juga ketika mengakses informasi did alam sebuah jaringan.

  • Windows XP 64 bit Edition

Merupakan sistem operasi Windows XP yang sengaja dirancang untuk memenuhi kebutuhan superuser, yang membutuhkan kehandalan dalam penggunaan memory besar dan juga floating point, seperti pembuatan sinematografi, efek visual, 3D, serta berbagai macam keperluan yang membutuhkan Memory besar.

  •  Windows XP Media Center Edition 

Dengan semua keunggulan Windows XP Professional, Media Center Edition menawarkan opsi digital media and entertainment, yang memingkinkan pengguna rumahan browsing di Internet, menikmati siaran TV live, berkmunikasi dengan teman dan famili, menikmati koleksi digital musik dan digital video, memutar DVD, bekerja dari rumah.

14. Windows Vista (2006 - 2007)

Sistem operasi Windows berikutnya adalah Windows Vista. Windows Vista mungkin tidak sepopuler sistem operasi Windows versi sebelumnya, Windows XP. Namun, Windows Vista memiliki beberapa perubahan signifikan yang berbeda dari Windows XP, dan mulai memperhatikan perubahan pada sistem operasi Windows 7.

15. Windows 7

Windows 7 adalah sistem operasi windows yang merupakan pembaruan dari Windows Vista. Jika Windows Vista kurang digunakan, maka Windows 7 adalah sistem operasi yang popularitasnya mengalahkan Windows Vista. Dapat dikatakan, Windows 7 dan Windows XP adalah sistem operasi Windows yang paling populer dan juga banyak digunakan di seluruh dunia saat ini.

Sistem operasi Windows 7 dibuat dan dikembangkan pada tahun 2009, sebuah sistem operasi yang masih memegang pengembangan di Windows Vista, tetapi lebih berfokus pada pengembangan dasar Windows, sehingga membuat Windows 7 menjadi sistem operasi yang kompatibel dengan banyak aplikasi dan perangkat. Sama seperti Windows Vista, Windows 7 juga menawarkan kemampuan grafis yang bagus.

16. Windows 8

Penerus Windows 7, yang tampaknya kurang berumur panjang adalah Windows 8. Saudara kandung dari Windows 7 dirilis pada tahun 2012. Dikatakan berumur pendek, karena hanya 2 tahun kemudian, pembaruan untuk Windows 8 memiliki telah dilakukan, di mana Windows 8 digantikan oleh Windows 10.

Windows 8 menyediakan perubahan besar dan signifikan pada tampilan GUI serta pengalaman menggunakan sistem operasi. Mulai dari penghapusan tombol start yang sudah dijaga sejak generasi awal Windows, hingga tampilan model menu dan juga antarmuka pengguna.

Sayangnya, penggunaan sistem operasi Windows 8 banyak dikritik, karena banyak pengguna yang terbiasa menggunakan Windows XP, Vista, dan juga 7, merasa canggung dan juga bingung dalam menggunakan sistem operasi Windows 8 ini.

Terlepas dari kritik, Windows 8 adalah salah satu versi Windows yang paling menarik, terutama dalam hal antarmuka, meskipun terkadang beberapa aplikasi tidak kompatibel dengan sistem operasi Windows 8 ini.

17. Windows 10

Tidak banyak membahas tentang Windows 10, karena saat ini masih ada beberapa pengguna windows 10. Secara resmi diluncurkan pada tahun 2015, saat ini Windows 10 masih banyak digunakan pada pengguna Windows 8 yang ingin memperbarui. Fitur utama dari pengembangan Windows 10 adalah kembalinya beberapa fitur khas dari jendela sebelumnya, yaitu tombol mulai dan juga beberapa fitur dasar lainnya.

Kelebihan dari Windows 10

Yang pasti, keunggulan utama Windows 10 adalah fitur - fitru yang lebih akrab bagi pengguna, yang tidak terdapat pada Windows 8, seperti tombol menu mulai. Selain itu, dalam satu sistem operasi Windows 10, seluruh sistem operasi Windows 10 sudah terintegrasi dengan semua perangkat Microsoft, termasuk akun Microsoft dan juga Microsoft One Store.

Namun, sayangnya Windows 10 memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah Windows 10 yang merupakan versi dan juga edisi sistem operasi Windows yang terakhir, dan lebih ditujukan untuk beberapa kalangan, karena pada dasarnya, Windows 10 belum secara fisik final, menyebabkan sistem operasi ini belum optimal untuk pengguna umum.